Investor Pegang Dolar AS Erat-Erat, Rupiah dan Mata Uang Global Sekarat!

Investor Pegang Dolar AS Erat-Erat, Rupiah dan Mata Uang Global Sekarat! Kredit Foto: Unsplash/Viascheslav Bublyk

Lonjakan harga energi ditambah kekhawatiran atas tapering The Fed membuat investor mulai mencari tempat berlindung. Alih-alih mengoleksi aset berisiko, dolar AS sebagai safe haven lebih dipilih investor untuk saat ini. Melansir dari RTI, dolar AS perkasa atas mata uang global, di mana rupiah saja sudah terhempas ke Rp14.200 pada Selasa, 12 Oktober 2021. 

Dolar Australia, dolar New Zealand, dan dolar Kanada saat ini tunduk bersamaan kepada dolar AS. Pasukan mata uang Asia pun turut tertekan di hadapan dolar AS, seperti dolar Taiwan, won, dolar Hong Kong, rupiah, dan bahkan yuan.  Baca Juga: Sayang Seribu Sayang! Harga Emas Antam Hari Ini Tumbang!

Sementara itu, rupiah hari ini terpantau memerah signifikan hampir di hadapan semua mata uang. Rupiah mencetak koreksi -0,31% ke level Rp14.220 per dolar AS. Pada saat yang sama, rupiah keok atas dolar Australia (-0,23%), euro (-0,32%), dan poundsterling (-0,35%). Baca Juga: Daftar Harga Emas Pegadaian Hari Ini: Mau Diskonan? Ada!

Di regional, rupiah hanya bisa melawan dolar Taiwan (0,36%). Dengan kata lain, rupiah tumbang di hadapan baht (-0,59%), yen (-0,34%), yuan (-0,29%), dolar Singapura (-0,27%), dolar Hong Kong (-0,22%), dan ringgit (-0,15%).

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini