Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Berang, Lalu Tunjuk Hidung Amerika

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Berang, Lalu Tunjuk Hidung Amerika Kredit Foto: Reuters/KCNA

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, menunjuk hidung Amerika Serikat (AS) dan menyalahkan negara tersebut atas ketegangan di semenanjung itu.

Kantor berita resmi Korea Utara KCNA mengabarkan, Kim Jong Un dalam pidato pembukaan di sebuah pameran pertahanan menyebut AS sebagai akar penyebab ketidakstabilan. 

Baca Juga: Salahkan Amerika, Kim Jong-un Bersumpah Membangun Militer yang Tak Terkalahkan

Pyongyang berada di bawah berbagai sanksi internasional atas senjata nuklir dan program rudal balistiknya yang dilarang. Sistem persenjataan itu maju pesat di bawah Kim.

Pada tahun 2017 ia menguji rudal yang dapat mencapai seluruh benua AS dan melakukan ledakan nuklir paling kuat hingga saat ini.

Pyongyang mengatakan persenjataannya itu diperlukan untuk melindungi diri dari invasi AS.

Pemerintahan Biden telah berulang kali menyatakan bahwa mereka tidak memiliki niat bermusuhan terhadap Korea Utara.

Namun di pameran "Bela Diri 2021", Kim melontarkan keraguan atas pernyataan peremrintahan AS itu.

Saya sangat ingin tahu apakah ada orang atau negara yang percaya itu.Tidak ada dasar dalam tindakan mereka untuk percaya bahwa itu tidak bermusuhan," tambah pemimpin Korea Utara itu menurut KCNA.

Pidato Kim muncul setelah Korea Utara dalam beberapa pekan terakhir menguji coba rudal jelajah jarak jauh dan apa yang dikatakannya sebagai senjata hipersonik.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini