Benarkah Anies Baswedan Masuk Dalam Daftar Sindikat Pencucian Uang? Faktanya...

Benarkah Anies Baswedan Masuk Dalam Daftar Sindikat Pencucian Uang? Faktanya... Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Beredar narasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, disebut masuk ke dalam daftar sindikat pencucian uang sebelum proyek Formula E. Narasi tersebut dibagikan oleh akun Facebook Markonah II. Akun ini mengunggah tangkapan layar seolah-olah dari salah satu artikel milik Liputan6.com.

Artikel itu berjudul "Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e" yang diunggah pada 5 Oktober 2021 pukul 07.46 WIB. Narasi tersebut kemudian diunggah oleh Markonah II di grup Facebook Anies Baswedan For Presiden 2024-2029.

Baca Juga: Anies Baswedan Sudah Merugikan Negara, Aparat Harus Segera Bergerak!

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

"Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e"

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id--jaringan Suara.com, narasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan disebut masuk ke dalam daftar sindikat pencucian uang sebelum Formula E tidak benar.

Faktanya, tidak ditemukan artikel dengan judul "Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e" di website resmi Liputan6.com.

Adapun tanggal pengunggahan yang tertera di tangkapan layar tersebut adalah 30 April dengan waktu 17.17 WIB. Dari tanggal itu, ditemukan jika artikel asli yang diunggah Liputan6.com berjudul "Anies Baswedan Masuk Daftar Tokoh Masa Depan".

Adapun kesamaan artikel terdapat pada gambar di bawah judul, yakni berupa foto Anies dan logo "SCTV". Kesamaan yang lain adalah baik gambar pada postingan Facebook dan artikel asli Liputan6.com, keduanya sama-sama masuk dalam kategori politik.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, narasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut masuk ke dalam daftar sindikat pencucian uang sebelum Formula E adalah hoaks. Narasi tersebut masuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini