Gak Disangka-sangka, Begini Respons Ganjar Pranowo saat Pendukungnya Dikatain Celeng oleh PDIP

Gak Disangka-sangka, Begini Respons Ganjar Pranowo saat Pendukungnya Dikatain Celeng oleh PDIP Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi santai atas munculnya istilah 'celeng' untuk menyebut kelompok masyarakat yang mendukung dirinya maju pada Pemilihan Presiden di Pemilu 2024 mendatang.

"Itu mengingatkan agar semua tertib, gitu aja," kata Ganjar kepada wartawan, seperti dilansir dari Populis.id, Selasa (12/10/2021).

Adapun istilah celeng itu disematkan untuk loyalis PDI Perjuangan yang secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada Ganjar, mereka bahkan dianggap telah keluar dari partai tersebut karena dianggap telah mendahului ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Pak Prabowo Siap-siap Ya! Hanya Tiga Bulan Lagi Posisi Anda Bakal Digeser Mas Ganjar

Istilah ini pertama kali dimunculkan oleh Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) Bambang Wuryanto.

Ganjar enggan berkomentar lebih jauh terkait hal ini, didesak, dirinya tetap memilih irit berbicara.

Pun demikian, ketika dipertegas mengenai gelombang deklarasi dukungan terhadap dirinya untuk maju menjadi calon presiden yang terus di lakukan kelompok relawan, Ganjar juga tak mau menjawabnya, dia mengatakan, sekarang ini dirinya sedang sibuk mengurusi Covid-19 di JawaTengah, biar bagaimanapun kata dia keselamatan warganya adalah yang nomor satu.

"Lagi ngurusi Covid," singkatnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto menilai popularitas Ganjar Pranowo di bursa Pilpres 2024 mendatang membuat PDI Perjuangan menjadi serba salah.

Partai besutan Megawati Soekarnoputri ini disebutnya dibikin dilema, sebab disatu sisi PDI Perjungan ingin mendorong putri mahkota Puan Maharani menjadi salah satu calon presiden pada Pemilu 2024.

Namun di sisi lain, elektabilitas Ketua DRR RI itu tiarap, kalah jauh dari Ganjar Pranowo yang sudah melenggang hingga tiga besar calon presiden paling potensial. Sejumlah survei telah mengkonfirmasi hal ini.

"Fenomena Ganjar justru membawa PDIP dalam kondisi yang serba salah. Tantangannya adalah bagaimana cara PDIP melanggengkan status sebagai the rulling party dalam menghadapi Pilpres 2024," kata Satyo kepada wartawan Senin (11/10/2021).

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini