Apa Itu Glukagon?

Apa Itu Glukagon? Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Banyaknya istilah diabetes terkadang membuat bingung sebagian orang. Banyaknya istilah ini sebenarnya adalah penjelasan dari komplikasi-komplikasi atau kondisi turunan yang lahir dari kondisi diabetes itu sendiri.

Dibanding dengan istilah insulin atau komponen lainnya yang memiliki keterkaitan dengan diabetes, mungkin istilah atau nama “glukagon” tergolong asing.

Baca Juga: Meski Enak dan Lezat, Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Lantas apa itu glocagon? Apakah memiliki peran penting pada kondisi diabetes seseoang?

Melansir laman hormone.org, Glukagon adalah hormon yang bekerja dengan hormon lain dan fungsi tubuh untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah. Glukagon berasal dari sel alfa yang ditemukan di pankreas dan terkait erat dengan sel beta yang mensekresi insulin, menjadikannya komponen penting yang menjaga kadar glukosa darah tubuh stabil.

Apa yang glukagon lakukan?

Sementara glukagon menjaga glukosa darah agar tidak turun terlalu rendah, insulin diproduksi untuk menjaga glukosa darah agar tidak naik terlalu tinggi. Kedua hormon saling mengimbangi untuk menstabilkan glukosa darah.

Baca Juga: Apakah Disfungsi Ereksi pada Pria Diabetes Dapat Disembuhkan?

Ketika kadar glukosa darah turun terlalu rendah (glukosa darah rendah), pankreas memompa lebih banyak glukagon. Hormon ini membantu glukosa darah naik kembali dengan berbagai cara:

Ini menyebabkan hati mengubah glukosa yang disimpan menjadi bentuk yang dapat digunakan dan kemudian melepaskannya ke dalam aliran darah. (Sebuah proses yang disebut glikogenolisis.)

Glukagon juga menghentikan hati dari mengambil dan menyimpan glukosa, sehingga lebih banyak tetap dalam darah.

Glukagon membantu tubuh membuat glukosa dari sumber lain, seperti asam amino.

Baca Juga: Apakah Penyakit Kencing Manis Sama dengan Diabetes?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini