Ternyata Oh Ternyata… Ini Hubungan Antara Insulin dan Glukagon Terhadap Gula Darah

Ternyata Oh Ternyata… Ini Hubungan Antara Insulin dan Glukagon Terhadap Gula Darah Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Baca Juga: Waduh… Apa Benar Diabetes Memiliki Kaitan dengan Disfungsi Ereksi? Ternyata…

Insulin dan Glucagon adalah komponen penting dalam pengelolaan kondisi kronis diabetes. Tetapi bagaimana cara mereka bekerja? Apa hubungannya dengan gula darah yan memiliki keterkaitan dengan diabetes?

Melansir laman Medical News Today, Tubuh mengubah karbohidrat dari makanan menjadi glukosa, gula sederhana yang berfungsi sebagai sumber energi vital.

Kadar gula darah adalah ukuran seberapa efektif tubuh menggunakan glukosa.

Ini bervariasi sepanjang hari. Namun, dalam banyak kasus, insulin dan glukagon menjaga kadar ini dalam kisaran yang sehat.

Baca Juga: Oh... Ini Ternyata Alasan Mengapa Sayuran Sangat Baik untuk Penderita Diabetes

Ketika tubuh tidak cukup mengubah glukosa, kadar gula darah tetap tinggi. Insulin membantu sel menyerap glukosa, mengurangi gula darah dan menyediakan sel dengan glukosa untuk energi.

Ketika kadar gula darah terlalu rendah, pankreas melepaskan glukagon. Glukagon menginstruksikan hati untuk melepaskan glukosa yang disimpan, yang menyebabkan gula darah meningkat.

Sel pulau di pankreas bertanggung jawab untuk melepaskan insulin dan glukagon. Pankreas mengandung banyak kelompok sel-sel ini. Ada beberapa jenis sel pulau, termasuk sel beta, yang melepaskan insulin, dan sel alfa, yang melepaskan glukagon.

Baca Juga: Apakah Disfungsi Ereksi pada Pria Diabetes Dapat Disembuhkan?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini