Mengonsumsi Kedelai Memicu Risiko Kanker Payudara? Ternyata Oh Ternyata...

Mengonsumsi Kedelai Memicu Risiko Kanker Payudara? Ternyata Oh Ternyata... Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Hubungan antara konsumsi kedelai dan risiko kanker payudara sering kali menjadi pembahasan yang kontroversial. Di satu sisi, kedelai diyakini memiliki sifat yang protektif dalam mencegah kanker payudara. Namun, di sisi lain, konsumsi kedelai dikhawatirkan dapat berkontribusi pada peningkatan risiko kanker payudara.

"Sebenarnya, semua dikaitkan dengan hormon estrogen," ujar ahli onkologi dr Walta Gautama SpB(K) Onk dalam peluncuran edisi spesial Charm Extra Maxi Pink Ribbon kolaborasi PT Uni-Charm Indonesia Tbk dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia.

Baca Juga: Bahaya! Jika Menemukan Tanda Ini pada Tubuh Anda saat Buang Air, Segera Temui Dokter karena...

Sebuah penelitian awal yang dilakukan di China menyebutkan bahwa susu kedelai bersifat protektif terhadap kanker payudara. Manfaat ini berasal dari kandungan arachidonic acid yang ternyata memiliki efek protektif dalam mencegah kanker payudara.

Dr Walta mengatakan, ada sebuah penelitian hasil kerja sama antara China, Jepang, dan Korea yang berhasil membuktikan bahwa kedelai memang memiliki sifat protektif terhadap kanker payudara di ketiga negara tersebut. Ia menyebut, itu ada kaitannya dengan kebiasaan masyarakat setempat mengonsumsi kedelai sejak usia dini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini