Bicara Peluang Prabowo di Pilpres 2024, Pengamat Singgung 'Restu Jokowi'

Bicara Peluang Prabowo di Pilpres 2024, Pengamat Singgung 'Restu Jokowi' Kredit Foto: Antara/HO/Indonesia Defense Magz/pras

Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Prabowo Subianto memiliki kans besar untuk bisa menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Prabowo memiliki keunggulan dari segi elektabilitas dan popularitas.

Kendati demikian, Pangi mengatakan salah satu hal yang paling penting dalam perhelatan pilpres adalah soal partai pendukung.

Baca Juga: Peluang Prabowo Menang di Pilpres 2024 Terbuka Jika Wapresnya ini...

"Elektabilitas menjadi tidak berarti pada akhirnya kalau kemudian tidak mendapatkan dukungan dari partai politik. Walaupun elektabilitas anggaplah moncer begitu," kata Pangi, melansir JPNN.com, Rabu (13/10).

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu menjelaskan jika sosok Presiden Jokowi juga sangat menentukan dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti. "Mana yang paling direstui Jokowi, maka ada kemungkinan makin punya kans untuk terpilih," katanya.

"Pengaruh faktor Jokowi dan pengaruh faktor kekuatan politik luar negeri seperti AS dan China bisa mengubah peta konstelasi politik nasional dalam hal ini pilpres," ujar Pangi.

Selain itu, pemilihan sosok cawapres juga sangat penting bagi capres agar peluang terpilih makin besar. "Ada juga nanti variabel cawapresnya. Misalnya, itu juga akan sangat berpengaruh sedikit banyaknya terkait peluang Prabowo terpilih atau tidaknya," tambah dia.

"Ada istilah bunuh diri politik misalnya, salah dalam mengambil cawapres pendamping, bunuh diri politik."

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani sebelumnya menyampaikan Prabowo Subianto bakal maju dalam Pilpres 2024. Menurut dia, Ketua Umum Partai Gerindra itu akan mencalonkan diri lagi lantaran masifnya permintaan.

Muzani juga menyinggung cita-cita partai belum terwujud. Prabowo Subianto diketahui maju sebagai calon presiden pada 2014 berpasangan dengan Hatta Rajasa, tetapi gagal menang. Kemudian yang terakhir di Pilpres 2019 berpasangan dengan Sandiaga Uno (Menparekraf) dan juga menemui kegagalan.

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini