Kemenparekraf Yakin Bali Sudah Mampu Terima Wisatawan Mancanegara

Kemenparekraf Yakin Bali Sudah Mampu Terima Wisatawan Mancanegara Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf

Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Henky Hotma P. Manurung meyakini Bali sudah siap untuk menerima kembali kehadiran wisatawan mancanegara (wisman).

Salah satu alasannya adalah vaksinasi di Bali sudah mencakup hampir seluruh target sasaran. Menurut Henky, capaian vaksinasi dosis pertama di Bali telah mencapai 99% dan dosis kedua sekitar 90%.

Baca Juga: Kemenparekraf Optimis PeduliLindungi Dapat Selamatkan Sektor Pariwisata

"Ini membuat keyakinan bahwa Bali sudah siap menerima wisman kembali dengan segala prosedur yang telah kita bangun bersama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat," ujar Henky dalam dialog virtual KPCPEN, Rabu (13/10/2021).

Henky mengungkapkan pihaknya bersama dengan pemerintah Bali telah melakukan simulasi terkait kedatangan wisman di bandara, mulai dari simulasi kedatangan pesawat, penerimaan di bandara, hingga waktu karantina.

Selain itu, kebijakan CHSE yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya juga dipandang mampu meyakinkan wisatawan untuk mengunjungi Bali. Terlebih, ketentuan pembukaan Bali telah tertuang dalam Kemenkumham yang baru saja dirilis hari ini, kata Henky.

"Kita sudah kolaborasi dengan berbagai pihak. Jika dengan vaksinasi di negara lain makin baik dan di Bali pun sudah mencapai makin mencapai angka sempurna, tetap kita dorong agar kita yakinkan Bali siap membuka kembali wisman," pungkasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini