Penanganan Gestational Diabetes pada Ibu Hamil

Penanganan Gestational Diabetes pada Ibu Hamil Kredit Foto: Unsplash/Suhyeon Choi

Kondisi diabetes sangat berdampak besar bagi penderitanya. Yang perlu menjadi catatan adalah diabetes bisa menyerang siapapun dari segi usia, jenis kelamin, dsj. Untuk kondisi khusus seperti kehamilan, diabetes juga punya istilah sendiri yakni diabetes Gestational diabetes mellitus (GDM).

Tentu ini sangat menghawatirkan karena kondisi ibu hamil juga akan berpengaruh pada janin yang ada di kandungannya.

Dibutuhkan langkah penanganan yang tepat pada kondisi gestational diabetes ini. Hal ini dilakukan agar keselamatan ibu dan bayi yang ada dalam kandungan bisa terjaga dari dampak buruk kondisi diabetes itu sendiri.

Baca Juga: Penting! Jenis Camilan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes karena…

Melansir laman kesehatan Medical News Today, dalam usaha penanganan kondisi gestational diabetes ini dokter akan memfokuskan pengobatan pada pengendalian kadar gula darah. Dokter akan menjelaskan kepada seorang wanita dengan diabetes gestasional cara memantau kadar gula darahnya di rumah.

Tes gula darah secara teratur dapat membantu memastikan bahwa upaya untuk mengontrol kadar gula darah berhasil.

Dokter juga akan memantau kesehatan bayi yang sedang berkembang menggunakan USG. Seringkali, mereka akan merekomendasikan menginduksi persalinan sebelum 40 minggu untuk membantu mencegah komplikasi lebih lanjut pada wanita dan bayi.

Dokter sering menyarankan untuk melakukan perubahan pola makan dan melakukan olahraga teratur untuk membantu mengelola kadar gula darah.

Baca Juga: Memasuki Usia 50 Tahun ke Atas, Kebiasaan Minum Berikut Ini Harus Dihentikan

Olahraga dapat membantu tubuh mengatur sensitivitas insulin, sementara diet seimbang dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah.

Jenis makanan yang biasanya menjadi bagian dari rencana diet diabetes gestasional meliputi:

  • protein tanpa lemak
  • lemak sehat
  • biji-bijian utuh
  • produk susu rendah lemak
  • sayuran tanpa tepung
  • buah secukupnya

Jika seorang wanita menemukan bahwa olahraga dan perubahan pola makan tidak cukup untuk mengelola diabetes gestasional dengan sukses, dokter mungkin meresepkan obat seperti insulin untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Harus Melakukan Amputasi?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini