Wanita Wajib Tahu! Ini Cara Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Wanita Wajib Tahu! Ini Cara Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional Kredit Foto: Pexels/MART PRODUCTION

Diabetes gestasional adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah Anda menjadi tinggi selama kehamilan.

Tentu ini sangat menghawatirkan karena kondisi ibu hamil juga akan berpengaruh pada janin yang ada di kandungannya. Bahkan dampak lanjutan yang terbilang parah pada kondisi ini adalah kelahiran dini atau prematur yang dialami oleh ibu hamil.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Harus Melakukan Amputasi?

Berikut kami sajikan informasi mengenai cara menurunkan risiko diabetes gestasional yang kami lansir dari laman kesehatan ternama Healthline.

Jika Anda kelebihan berat badan, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mempersiapkan kehamilan:

  • Bekerja untuk memperbaiki diet Anda dan makan makanan sehat.
  • Tetapkan rutinitas olahraga yang teratur.
  • Pertimbangkan penurunan berat badan.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang cara terbaik bagi Anda untuk menurunkan berat badan, karena bahkan beberapa kilogram dapat membuat perbedaan dalam tingkat risiko Anda untuk diabetes gestasional.

Baca Juga: Ibu Hamil yang Menderita Diabetes Memiliki Risiko Kelahiran Dini (Prematur)

Jika Anda tidak aktif, terlepas dari apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak, Anda juga harus melakukan aktivitas fisik secara teratur setidaknya tiga kali seminggu. Berolahragalah secara moderat setidaknya selama 30 menit setiap kali. Mengadopsi diet sehat yang berfokus pada sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Setelah Anda hamil, jangan mencoba menurunkan berat badan kecuali dokter Anda merekomendasikannya. Pelajari cara menurunkan berat badan dengan aman jika Anda mengalami obesitas dan hamil.

Baca Juga: Memasuki Usia 50 Tahun ke Atas, Kebiasaan Minum Berikut Ini Harus Dihentikan

Jika Anda pernah menderita diabetes gestasional selama kehamilan sebelumnya dan Anda berencana untuk hamil lagi, beri tahu dokter Anda. Mereka akan melakukan skrining awal untuk mengidentifikasi faktor risiko Anda dan memastikan Anda memiliki kehamilan yang sehat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini