Apa Benar Konsumsi Buah Jamblang Tepat Bagi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Apa Benar Konsumsi Buah Jamblang Tepat Bagi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Instagram/Kirti_Sonone

Tahukah Anda bahwa buah Jamblang memiliki banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan? Bahkan, jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda menderita diabetes tipe-2 maka jamblang mungkin adalah buah yang tepat untuk Anda.

Plum hitam dapat menyembuhkan gejala diabetes termasuk buang air kecil yang berlebihan dan rasa haus. Ini memiliki indeks glikemik rendah, yang menjaga kadar gula darah tetap normal, sebagaimana dikutip dari laman india.com.

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Hindari Makan Buah Ini Terlalu Banyak karena Tinggi Gula

Melansir laman business-standard.com, buah jamblang tidak hanya bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu meningkatkan kekebalan tetapi manfaat yang paling besar terletak pada kegunaan khusus dalam pengobatan diabetes.

Buahnya bersifat asam dan astringen dan memiliki rasa manis. Glukosa dan fruktosa adalah gula utama yang ditemukan dalam buah matang, juga sarat dengan mineral, dan menyediakan lebih sedikit kalori, dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, Diabetic Living India melaporkan.

Jamblang dipercaya memiliki kegunaan khusus dalam pengobatan diabetes. Dalam sistem Unani dan Ayurveda, digunakan untuk gangguan pencernaan. Daun, kulit kayu, dan biji-bijian adalah bagian yang paling berguna di mana bijinya populer karena sifat anti-diabetesnya.

Baca Juga: Bagus untuk Menjaga Tekanan Darah, Olahraga Ini Cocok untuk Penderita Hipertensi

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jamblang memiliki efek hipoglikemik dengan penurunan gula darah hingga 30 persen. Bijinya kaya akan alkaloid yang memiliki efek hipoglikemik.

Pasien diabetes dapat mengkonsumsi buah jamblang setiap hari untuk mengontrol kadar gula mereka, yang tentunya membantu meningkatkan aktivitas dan sensitivitas insulin.

Manfaat nyatanya adalah pada tahap IFG (Glukosa Puasa Terganggu) yang dapat dikontrol dengan baik dengan jamblang, baik dengan buah maupun bubuk bijinya. Regulasi IFG mencegah onset dini diabetes dan kondisi lebih lanjut.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Harus Melakukan Amputasi?

Karena merupakan sumber vitamin A dan C yang baik, sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Jamun berfungsi sebagai pendingin dan juga memiliki sifat anti-diare, sehingga bermanfaat untuk sistem pencernaan.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini