Ketersediaan Listrik PLN Melimpah, Begini Strategi PLN Meningkatkan Permintaan Konsumsi Listrik.

Ketersediaan Listrik PLN Melimpah, Begini Strategi PLN Meningkatkan Permintaan Konsumsi Listrik. Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Direktur Niaga dan Manajemen pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril mengatakan tidak menampik bahwa saat ini ketersediaan listrik PLN sedang melimpah. Namun meski begitu, pihaknya memiliki strategi agar PLN dapat meningkatkan permintaan konsumsi listrik di Indonesia.

“Kita akan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi,” katanya dalam konferensi dalam peluncuran fitur baru aplikasi New PLN Mobile, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: PLN Ungkap Kenapa PLN Mobile Perlu Diperbarui

Bob Saril menerangkan dengan ketersediaan listrik PLN yang melimpah akan membuat para investor tidak akan meragukan diri untuk melakukan investasi di Indonesia dengan mempersoalkan ketersediaan infrastruktur, baik jalan tol maupun kebutuhan listrik. Sehingga hal tersebut tidak menyebabkan keraguan bagi para investor.

“Mau butuh berapa 100 MW, sudah siap. Smelter kita juga layani. Ketersediaan yang besar ini kita harapkan investor tidak ragu lagi menamkan investasinya di Indonesia,” ucapnya.

Sedangkan berdasarkan intensifikasi, Bob Saril mengajak agar para pelanggan PLN dapat beralih menggunakan energi bersih mulai dari sebelumnya memasak nasi menggunakan tungku secara tradisional dapat beralih menggunakan perangkat elektronik penanak nasi.

Adapun yang sebelumnya memasak menggunakan kompor berbahan bakar gas juga dapat beralih menggunakan kompor listrik yang dinilainya lebih bersih dan aman.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan penggunaan gas yang menurut Bob memiliki potensi bahaya kebocoran gas. Dengan begitu, saat ini sudah saatnya peralatan rumah tangga sudah mulai berbasis teknologi elektronik.

“Bagaimana elektrifikasi lifestyle kita juga harus mengikuti menggunakan listrik sehingga pemakaian listrik per kapita semakin naik. Kita dorong terus listrik menjadi sumber kebahagiaan, sumber kemudahan, sumber kenyamanan dalam melakukan beberapa aktivitas,” pungkasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini