Waduh, Air Galon Guna Ulang Bisa Picu Penyakit Berbahaya? Dokter Bilang...

Waduh, Air Galon Guna Ulang Bisa Picu Penyakit Berbahaya? Dokter Bilang... Kredit Foto: Istimewa

Pakar onkologi Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP mengatakan, air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang aman bagi kesehatan. Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) itu menegaskan, tidak ada bukti air dari galon yang dipakai berulang menyebabkan kanker.

"Belum ada penelitian air galon itu menyebabkan kanker," ujar Prof Aru yang juga ketua umum Yayasan Kanker Indonesia, dalam keterangan resmi seperti dikutip Selasa (12/10).

Baca Juga: Meski Enak dan Lezat, Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Sementara itu, dr. Nadia A Mulansari SpPD-KHOM menjelaskan, insiden kanker bersifat multifaktorial. Sekitar 10-15 persen sifatnya genetik dan sisanya sekitar 90-95 persen itu sporadik atau lebih ke lingkungan.

"Penyebab utama kanker yang sudah terbukti dari berbagai penelitian itu adalah rokok. Itu menyebabkan sekitar 20-30 kasus kanker," tutur dokter yang juga anggota Yayasan Kanker Indonesia.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini