Cara Mengolah Buah Jamblang untuk Penderita Diabetes

Cara Mengolah Buah Jamblang untuk Penderita Diabetes Kredit Foto: Instagram/Kirti_Sonone

Selama ini mungki orang hanya akan berfokus pada daging buah jamblang yang bisa langsung dimakan. Faktanya memang buah jamblang sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jamblang memiliki efek hipoglikemik dengan penurunan gula darah hingga 30 persen. Ternyata biji buah jamblang juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah dari daging buahnya.

Mengutip laman ndtv.com, Biji jamblang mengandung jambosine dan jamboline, dua zat yang memperlambat pelepasan gula dalam darah. Terlebih lagi, biji jamblang membantu meningkatkan produksi insulin, yang dapat membantu penderita diabetes.

Baca Juga: Apa Benar Konsumsi Buah Jamblang Tepat Bagi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Cara Mengonsumsi Biji Jamblang

Untuk mengonsumsi biji buah jamblang bisa dibuat terlebih dulu dalam bentuk bubuk agar mudah dikonsumsi ke dalam tubuh.

Melansir laman Spicing Your Life!, Ada dua cara pembuatan bubuk biji jamblang ini, yang pertama dijemur di bawah sinar matahari dan yang lainnya tanpa disangrai bijinya.

Setelah Anda memakan bagian buah yang berdaging, cuci bijinya dan jemur di bawah sinar matahari selama seminggu. Pada saat itu Anda akan memiliki biji yang benar-benar kering, yang kulit luarnya akan terkelupas dan bagian dalam buah beri akan lebih seperti pistachio.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Harus Melakukan Amputasi?

Anda bisa menumbuk bijinya beserta kulit luarnya dan membuatnya menjadi bubuk halus. Karena ini dikeringkan di bawah sinar matahari, itu menjadi sangat keras dan bilah mixer Anda mungkin akan terlempar jika Anda mencoba membuatnya menjadi bubuk! Jadi berhati-hatilah untuk menumbuknya menjadi potongan-potongan kecil sebelum dimasukkan ke dalam food processor atau mixer.

Setelah Anda memiliki bubuk halus, simpan dalam wadah dan makan 1 sdt hal pertama di pagi hari dengan perut kosong.

Untuk versi Non jemur di bawah matahari, anda juga bisa dibuat segera setelah Anda menghabiskan daging buahnya.

Baca Juga: Memasuki Usia 50 Tahun ke Atas, Kebiasaan Minum Berikut Ini Harus Dihentikan

Caranya panaskan wajan, dan panggang bijinya sampai kering. Tumbuk menjadi bubuk halus dan simpan untuk dikonsumsi.

Selalu utamakan kunjungi tenaga kesehatan untuk mendapat penjelasan lajutan mengenai kondisi diabetes Anda dan mendapat penanganan yang tepat dan aman atas kondisi diabetes Anda. Termasuk dalam langkah biji buah jamblang ini.

Baca Juga: Apa Benar Stres Berdampak pada Kondisi Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini