Bukan Tanpa Manfaat, Beberapa Kebiasaan Ini Bisa Buat Jantung Lebih Sehat

Bukan Tanpa Manfaat, Beberapa Kebiasaan Ini Bisa Buat Jantung Lebih Sehat Kredit Foto: Pexels/freestocks.org

Banyak ahli dan beberapa penelitian menyatakan kebiasaan gaya hidup tidak sehat bertanggung jawab atas peningkatan mendadak jumlah pasien muda penyakit jantung. Membuat pilihan yang tepat, mengikuti diet yang tepat, dan beralih ke perilaku sehat merupakan cara menjaga jantung Anda tetap sehat dalam jangka panjang. 

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang harus Anda terapkan jika Anda ingin menghindari penyakit kardiovaskular, seperti dilansir di Times of India, Selasa (12/10): 

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Harus Melakukan Amputasi?

1. Tetap periksa tekanan darah dan kadar kolesterol

Sangat penting bagi Anda untuk mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol untuk fungsi jantung yang sehat. Hipertensi dan kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk strok, serangan jantung, dan lainnya.

Sementara tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi tidak memiliki tanda-tanda tertentu, membiarkannya tidak diobati dapat menyebabkan banyak komplikasi dalam jangka panjang. Inilah sebabnya mengapa diagnosis dini dapat membantu mencegah komplikasi lebih lanjut. Tekanan darah dapat diuji di klinik atau di rumah dengan bantuan monitor tekanan darah, sedangkan kolesterol Anda dapat diperiksa melalui tes darah.

2. Hindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak 

Menjadi tidak aktif secara fisik atau bermalas-malasan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sesuai sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, ditemukan duduk untuk waktu yang lama dikaitkan dengan kondisi kesehatan kronis termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker

Oleh karena itu, sudah saatnya mengubah cara dan mulai berolahraga secara teratur. Anda selalu bisa memulai dengan lambat. Jangan masuk semua, lebih baik tingkatkan jam latihan Anda secara bertahap, lebih fokus pada konsistensi.

3. Ikuti diet sehat jantung

Seseorang harus menghindari konsumsi makanan yang tinggi lemak trans. Lemak trans meningkatkan risiko terkena penyakit jantung termasuk strok. Ini memblokir arteri Anda dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini memengaruhi hati Anda dalam banyak hal. Diet jantung sehat terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan kaya serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

4. Pertahankan berat badan yang sehat

Ketika berbicara tentang penurunan berat badan, itu tidak harus selalu tentang penampilan yang baik. Sebaliknya, seseorang harus fokus pada pencegahan obesitas yang meningkatkan peluang Anda terkena penyakit kardiovaskular. Seseorang harus menghitung indeks massa tubuh (BMI) mereka dan tahu di mana mereka berdiri. Jika Anda kelebihan berat badan, sebaiknya segera olahraga teratur dan perhatikan apa yang Anda makan.

Baca Juga: Sangat Umum Terjadi pada Penderita Diabetes, Apa Itu Charcot Foot?

5. Hindari konsumsi alkohol, merokok, kelola tingkat stres

Selain itu, merokok dan minum alkohol dapat mempengaruhi jantung Anda secara negatif. Ini meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida dalam darah, yang membuat Anda lebih rentan terhadap stroke dan gagal jantung kongestif. Selain itu, mengambil banyak stres menempatkan banyak tekanan pada jantung Anda. 

Karena itu, cobalah yoga atau latihan meditasi untuk mengurangi dan mengelola tingkat stres. Tidak hanya akan meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik, tetapi juga membuat Anda tetap dalam kondisi dan kerangka pikiran yang baik.

Baca Juga: Duh... Apa Benar Penyintas Covid-19 Berisiko Alami Masalah Jantung?

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini