Risiko Infeksi Berat Covid-19 Dapat Terpangkas Jika Aspek Kesehatan Ini Dipenuhi

Risiko Infeksi Berat Covid-19 Dapat Terpangkas Jika Aspek Kesehatan Ini Dipenuhi Kredit Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Studi mengungkapkan bahwa orang dengan kondisi kesehatan gigi dan gusi yang buruk lebih berisiko terhadap Covid-19 berat. Perawatan gigi dan mulut dengan obat kumur serta benang gigi (dental floss) dapat membantu menghindari risiko tersebut.

Menurut studi, kondisi gigi dan gusi yang buruk memungkinkan virus bersarang di area mulut. Kondisi inilah yang kemudian membuat orang dengan masalah gigi dan gusi menjadi lebih berisiko terkena gejala berat bila tertular Covid-19.

Baca Juga: Penting! Apa Boleh Penderita Diabetes Makan Buah Salak? Ternyata…

"Jaringan mulut dapat berperan sebagai reservoir bagi virus corona, (sehingga) beban virus (viral load) menjadi tinggi di mulut," ungkap Dr Ahmed Mustafa Basuoni dari Cairo University, seperti dilansir The Sun, dikutip Selasa (12/10).

Risiko ini dapat ditangkal dengan melakukan upaya-upaya sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut. Sebagian di antaranya adalah pemeriksaan rutin ke dokter gigi dan melakukan flossing serta sikat gigi yang baik setiap hari.

"(Cara-cara ini) dapat membantu mencegah atau menurunkan keparahan Covid-19," ujar Dr Basuoni.

Baca Juga: Rekomendasi Camilan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selain itu, virus bisa berkembang pesat pada gusi yang bengkak. Kondisi mulut yang tak sehat juga dapat menjadi pertanda bahwa kesehatan jantung dan sistem imun sedang berisiko.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini