Pengamat Apresiasi Bantuan Kementan untuk Food Estate di Sumut

Pengamat Apresiasi Bantuan Kementan untuk Food Estate di Sumut Kredit Foto: Antara/Saiful Bahri

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah menggalakkan pembangunan food estate di beberapa daerah Indonesia. Di Sumatera Utara, program food estate dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Adapun komoditas utama yang dikembangkan di daerah tersebut adalah kentang, bawang putih dan bawang merah.

Pengamat pertanian dan perkebunan asal Sumut, Tawanli Simanullang mengatakan program unggulan dari pemerintah ini harus diapresiasi, dimana dukungan bantuannya beragam dan amat membantu. Seperti misalnya, bantuan dari Kementan dan PUPR dalam pembuatan saluran irigasi serta pembuatan jalan untuk permudah distribusi. Bantuan lain seperti Alsintan pun dinilai dapat memicu produktivitas pertanian di Humbahas. Baca Juga: Harapan Petani Jagung Sumut Tidak Muluk-Muluk, Minta Kementan..

"Kalau (petani) didukung dengan alat pertanian yang memadai, seperti yang dapat kita lihat sendiri, imbasnya positif," katanya, Kamis (13/10/2021).

Menurut pengamat yang juga putera daerah Humbahas tersebut kehadiran food estate sangat membantu warga Humbahas  terutama dari segi ekonomi. 

Baca Juga: Data Kementan: Per Agustus 2021, Segini Jumlah Sertifikat ISPO yang Terbit

"Setelah program food estate dicanangkan di 2020,  banyak perubahan yang terlihat pada pertanian di Humbahas. Misalnya di daerah Parlilitan, dulu tidak ada yang menanam bawang putih, sekarang sudah mulai masyarakatnya menanam itu. Jadi tanaman semakin bervariasi dan itu membantu perekonomian warga juga," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini