Katanya Lebih Aman, Penelitian Kapersky Tunjukkan 2 dari 10 Orang Pakai Pembayaran Digital

Katanya Lebih Aman, Penelitian Kapersky Tunjukkan 2 dari 10 Orang Pakai Pembayaran Digital Kredit Foto: DANA

Penelitian terbaru dari Kaspersky mengungkapkan, adopsi e-wallet dan mobile banking terus berusaha mengungguli penggunaan uang tunai di wilayah Asia Pasifik. Studi ini juga menunjukkan uang tunai masih menjadi raja di Asia Pasifik, tetapi mungkin tidak akan lama.

Berjudul "Mapping a secure path for the future of digital payments in APAC", penelitian ini mempelajari interaksi pengguna lokal dengan pembayaran online yang tersedia di Asia Pasifik dan mengobservasi sikap mereka terhadap kepraktisan tersebut. Ini nanti akan menjadi pemegang kunci untuk memahami faktor-faktor selanjutnya apakah adopsi teknologi ini makin berkembang atau mengalami kemunduran.

Baca Juga: Generasi Muda Harus Mampu Memanfaatkan Media Digital Melalui Basic Teknologi Internet Of Thing

Salah satu temuan utamanya menunjukkan bahwa sebagian besar (90%) responden Asia telah menggunakan aplikasi pembayaran seluler setidaknya sekali dalam 12 bulan terakhir, yang mengonfirmasi ledakan fintech di wilayah tersebut. Hampir 2 dari 10 (15%) di antaranya baru memulai menggunakan platform ini setelah pandemi.

Filipina mencatat persentase pengadopsi uang elektronik (e-cash) baru tertinggi sebesar 37%, diikuti oleh India (23%), Australia (15%), Vietnam (14%), Indonesia (13%), dan Thailand (13%). Sementara, terendah adalah China (5%), Korea Selatan (9%), dan Malaysia (9%).

China telah menjadi pemimpin terkemuka dalam pembayaran seluler di Asia Pasifik. Bahkan sebelum era pandemi, platform lokal teratasnya, Alipay dan WeChat Pay, telah menyebabkan adopsi massal yang signifikan dan menjadi contoh bagi negara-negara Asia lainnya.

Menurut Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky, Chris Connell, data dari penelitian terbaru menunjukkan bahwa uang tunai masih menjadi raja, setidaknya untuk saat ini. Dengan Asia Pasifik sebanyak 70% responden masih menggunakan catatan fisik untuk transaksi sehari-hari mereka.

Namun, pembayaran mobile dan aplikasi mobile banking tidak jauh tertinggal dengan 58% dan 52% pengguna menggunakan platform ini setidaknya sekali seminggu hingga lebih dari sekali sehari untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan keuangan mereka.

"Dari statistik tersebut, kami dapat menyimpulkan bahwa pandemi telah memicu lebih banyak orang untuk terjun ke ekonomi digital, yang dapat sepenuhnya menurunkan penggunaan uang tunai di kawasan ini dalam tiga hingga lima tahun ke depan," kata Chris Connell, Kamis (14/10).

Lebih lanjut Connell menjelaskan, keamanan dan kenyamanan memicu lebih banyak pengguna di Asia Pasifik untuk merangkul teknologi keuangan. Lebih dari setengah responden survei mencatat bahwa mereka mulai menggunakan metode pembayaran digital selama pandemi karena lebih aman dan nyaman daripada melakukan transaksi tatap muka.

Responden juga menyebutkan bahwa platform digital memungkinkan mereka untuk melakukan pembayaran sembari mematuhi aturan jarak sosial (45%) dan bahwa ini adalah satu-satunya cara mereka dapat melakukan transaksi moneter selama masa penguncian sosial (36%).

Untuk 29% pengguna, gateway digital sekarang lebih aman dibandingkan dengan era sebelum Covid-19 dan persentase yang sama juga mengapresiasi segala bentuk insentif dan hadiah yang ditawarkan oleh penyedia pembayaran digital. Meskipun memiliki presentase kecil, teman dan kerabat (23%) masih memengaruhi pengguna baru serta pemerintah daerah (18%) dalam mempromosikan penggunaan metode pembayaran digital.

"Pengembang dan penyedia aplikasi pembayaran seluler sekarang harus melihat celah keamanan siber di setiap tahap proses pembayaran, dan menerapkan fitur keamanan, atau bahkan pendekatan desain yang aman untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari masa depan dan pengguna pembayaran digital yang sudah ada," tambah Connell.

Untuk membantu pengguna di Asia Pasifik merangkul teknologi pembayaran digital dengan aman, para ahli Kaspersky menyarankan hal berikut:

Lebih baik aman daripada menyesal–waspadalah terhadap komunikasi palsu dan berhati-hatilah saat menyerahkan informasi sensitif. Jangan langsung membagikan informasi pribadi atau rahasia secara online, terutama jika menyangkut permintaan informasi keuangan dan detail pembayaran Anda.

Gunakan komputer dan koneksi internet Anda sendiri saat melakukan pembayaran online. Seperti bagaimana Anda hanya akan melakukan pembelian dari toko tepercaya saat berbelanja secara fisik, terapkan kehati-hatian yang sama ketika melakukan pembayaran online–Anda tidak akan pernah tahu apakah komputer umum memiliki spyware yang merekam seluruh ketikan Anda di keyboard, atau ketika koneksi internet publik telah dicegat oleh para pelaku kejahatan siber yang menunggu untuk melancarkan serangan.

Jangan bagikan kata sandi, nomor PIN, atau kata sandi satu kali (OTP) Anda dengan keluarga atau teman. Meskipun mungkin tampak nyaman dan praktis, ini memberikan jalan masuk bagi pelaku kejahatan siber untuk mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi pribadi untuk mengumpulkan kredensial bank. Simpan untuk Anda sendiri dan selalu lindungi informasi pribadi.

Mengadopsi solusi holistik produk keamanan dan langkah-langkah praktis dapat meminimalkan risiko menjadi korban ancaman siber dan menjaga keamanan informasi keuangan Anda. Manfaatkan solusi keamanan yang andal untuk perlindungan menyeluruh dari berbagai ancaman, seperti Kaspersky Internet Security, Kaspersky Fraud Prevention, dan penggunaan Kaspersky Safe Money untuk membantu memeriksa keaslian situs web bank, sistem pembayaran, dan toko online yang Anda kunjungi, serta membangun koneksi yang aman.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini