Pantes Nama Habib Rizieq dan FPI Sering Disensor, Ternyata Oh Ternyata Masuk Daftar Hitam

Pantes Nama Habib Rizieq dan FPI Sering Disensor, Ternyata Oh Ternyata Masuk Daftar Hitam Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Facebook memasukkan sejumlah organisasi dan tokoh di Indonesia dalam daftar hitam. Organisasi dan tokoh-tokoh tersebut diblokir Facebook lantaran masuk daftar 'hate' atau pembenci.

Sebagaimana dilaporkan The Intercept, salah satu organisasi yang masuk daftar hitam ini adalah Front Pembela Islam (FPI), tidak hanya itu, sejumlah pentolannya juga ikut masuk dalam daftar tersebut. Baca Juga: Mark Zuckerberg Gigit Jari, Kekayaannya Anjlok, Facebook Ikut Rugi Rp1,4 Triliun!

Menurut The Intercept daftar hitam Facebook ini digunakan untuk menyensor konten dan akun yang berafiliasi dengan organisasi atau orang yang masuk dalam daftar tersebut, termasuk nama Rizieq Shihab, Novel Chaidir Bamukmin, Slamet Ma’arif dan Munarman, hingga menantu Habib Rizieq, Muhammad Hanif bin Abdurrahman Alatas.

Novel Bamukimin ketika dimintai keterangan terkait hal ini, tak menampiknya, dia mengakui jika namanya dan sejumlah rekannya memang diblokir Facebook. Hanya saja dia menilai hal ini terlalu berlebihan. Baca Juga: Beneran Habib Rizieq Dkk Masuk Daftar Hitam Tokoh Berbahaya? Facebook Minta Didemo Nih..

"Benar banget, tuh. Karena setiap orang yang memposting nama saya di Facebook langsung di take down. Namun, Facebook sudah salah sikap atau terlalu lebay," kata Novel, seperti dilansir Populis.id, Kamis (14/10/2021). 

Berikut daftar organisasi yang di Indonesia yang diblokir facebook:

-Majelis Mujahidin Indonesia

-Bayyinah Media

-Hilal Ahmar Society Indonesia

-Jemmah Anshorut Tauhid

-Khandaq Media News

-Mujahidin Indonesia Barat.

-Mujahidin Indonesia Timur

-Forum Umat Islam

-Front Jihad Islam

-Front Mahasiswa Islam.

-Front santri Indonesia

-Hilal Merah Indonesia

-Laskar Pembela Islam

-Majelis Pembela Rasulullah

-Mujahid Pembela Islam

-Serikat pekerja front.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini