Agar Kualitas Tidur Terjaga, Ahli Mengungkapkan Waktu Terbaik untuk Olahraga Dilakukan saat…

Agar Kualitas Tidur Terjaga, Ahli Mengungkapkan Waktu Terbaik untuk Olahraga Dilakukan saat… Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Olahraga adalah salah satu usaha dan cara terbaik untuk mencapai tubuh yang sehat. Secara umum jika dilakukan dengan wajar, semua olahraga (aktifitas fisik) bermanfaat untuk kesehatan. Anda hanya perlu menyesuaikan olahraga dengan kondisi tubuh dan mungkin kondisi kesehatan bawaan Anda agar tepat sasaran.

Selain itu, ternyata pemilihan waktu untuk berolahraga adalah satu hal yang tidak bisa dikesampingkan. Dalam konteks olahraga dan istirahat, ternyata didapati hubungan erat antara waktu berolahraga dan kualitas tidur seseorang.

Baca Juga: Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

Lantas kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk Anda berolahraga agar kualitas tidur dan keseahatan secara umum dapat tercapai?

Melansir laman kesehatan Healthline, Yasi Ansari, MS, RDN, ahli gizi terdaftar yang mengkhususkan diri dalam nutrisi olahraga dan Juru Bicara Media Nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan bahwa ulasan penelitian mengenai waktu olahraga di malam hari dilakukan tidak berdekatan dengan waktu tidur mungkin bermanfaat untuk kualitas tidur.

Dan sebaliknya, jika Anda berolahraga lebih dekat dengan waktu tidur Anda, itu bisa mengganggu kuaitas tidur Anda yang mungkin akan berdampak pada kesehatan secara umum.

Terlepas dari apa yang ditunjukkan oleh penelitian, Ansari menyarankan agar Anda menyesuaikan kebiasaan olahraga Anda dengan tubuh Anda sendiri.

Baca Juga: Apakah Metformin Obat Diabetes?

“Saya mendorong pembaca untuk memahami apa yang paling cocok untuk mereka dan jenis serta waktu pelatihan yang mendukung tidur mereka,” katanya.

“Meskipun ada penelitian di luar sana mengenai waktu olahraga dan kualitas tidur, dan berbagai rekomendasi yang didukung penelitian lainnya, penting juga bagi setiap orang untuk melihat apa yang terbaik untuk mereka, energi, dan kualitas tidur mereka.” Sambungnya.

Baca Juga: Wajib Waspada! Diabetes Punya Keterkaitan dengan Gagal Ginjal

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini