Khawatir Diabetes? Lakukan 6 Langkah Alami Ini untuk Mencegahnya?

Khawatir Diabetes? Lakukan 6 Langkah Alami Ini untuk Mencegahnya? Kredit Foto: Pexels/Artem Podrez

Alasan bahwa sampai sekarang diabetes belum ada obat yang 100% menghilangkannya sebenarnya sudah cukup untuk membuat Anda mulai menerapkan pola hidup yang sehat. Tetapi pada kenyataannya hal tersebut masih belum efektif.

Bagi Anda yang sudah mulai menaruh perhatian pada kondisi diabetes pertahankan hal tersebut, dan bagi Anda yang belum peduli maka pertimbangkanlah komplikasi yang banyak terjadi akibat diabetes.

Baca Juga: Apakah Konsumsi Daun Insulin Bermanfaat untuk Penderita Diabetes?

Pola hidup sehat untuk menjaga kadar gula darah dalam batas aman adalah kunci dalam pencegahan ataupun penanganan diabetes. Terlebih jika Anda telah mendapat diagnosis Pra-Diabetes (satu level di bawah diabetes), maka Anda perlu waspada dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut 6 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes yang dilansir dari laman Gundersen Health System:

Kurangi Asupan Gula dan Karbohiddrat Berlebih. Makan makanan tinggi karbohidrat olahan dan gula meningkatkan kadar gula darah dan insulin, yang dapat menyebabkan diabetes dari waktu ke waktu. Contoh karbohidrat olahan termasuk roti putih, kentang dan banyak sereal sarapan. Sebaliknya, batasi gula dan pilih karbohidrat kompleks seperti sayuran, oatmeal, dan biji-bijian.

Berhenti merokok. Merokok dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Berhenti merokok telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 ini dari waktu ke waktu.

Perhatikan porsi makanan Anda. Menghindari ukuran porsi besar dapat membantu mengurangi kadar insulin dan gula darah serta mengurangi risiko diabetes. Makan terlalu banyak pada satu waktu telah terbukti menyebabkan kadar gula darah dan insulin lebih tinggi pada orang yang berisiko diabetes.

Aktivitas Fisik 30 Menit. Cobalah untuk secara sengaja aktif dengan berjalan-jalan, menari, mengangkat beban atau berenang selama 30 menit dalam lima hari per minggu. Jika Anda tidak melakukan atau sangat sedikit aktivitas fisik dan Anda duduk hampir sepanjang hari, maka Anda menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan inilah saatnya untuk bergerak.

Baca Juga: Penting! Apa Boleh Penderita Diabetes Makan Buah Salak? Ternyata…

Minum air. Minum air putih sebagai pengganti minuman lain dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes. Menempel dengan air sebagian besar waktu membantu Anda menghindari minuman yang tinggi gula, pengawet dan bahan-bahan yang tidak dibutuhkan lainnya.

Makan serat. Mendapatkan banyak serat bermanfaat untuk kesehatan usus dan manajemen berat badan. Mengkonsumsi sumber serat yang baik setiap kali makan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan kadar insulin, yang dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes.

Baca Juga: Biji Buah Jamblang Juga Memiliki Manfaat untuk Kondisi Diabetes, Ternyata Ini Cara Mengonsumsinya!

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini