Apa Itu CodeIgniter?

Apa Itu CodeIgniter? Kredit Foto: Unsplash/Markus Spiske

Untuk membangun aplikasi website, Anda pasti akan menghabiskan banyak waktu untuk menulis kode yang sama berulang kali. Untuk itu, framework memberi Anda blok awal dan meminimalkan jumlah kode yang dibutuhkan untuk membangun situs web.

CodeIgniter adalah framework berbasis PHP tetapi bukan sebagai pengganti PHP. Menggunakan ke CodeIgniter tidak berarti Anda meninggalkan PHP. PHP adalah bahasa skrip sisi server untuk membangun aplikasi berbasis website yang dinamis.

Baca Juga: Apa Itu Instagram Mod Apk V10.14.0? Katanya Lebih Ringan dan Tidak Boros Paket Data

CodeIgniter berisi libraries, interface yang sederhana dan struktur logis untuk mengakses libraries, plug-in, dan beberapa sumber daya lain yang memecahkan fungsi kompleks PHP lebih mudah mempertahankan kinerja tinggi. Alat ini menyederhanakan kode PHP dan menghadirkan website dinamis yang sepenuhnya interaktif dalam waktu yang jauh lebih singkat.

CodeIgniter juga mendukung PHP versi 5.2.6 atau lebih baru dan MySQL versi 4.1 atau yang lebih baru. CodeIgniter membuat website lebih kuat dan kode Anda lebih mudah dibaca dan dipelihara. Ini adalah toolkit gratis, ringan dan mudah dipasang.

Seseorang yang menggunakan CodeIgniter harus familiar dengan PHP. Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang PHP seperti sintaks dasar dan bagaimana berinteraksi dengan database dan HTML.

Cara Kerja CodeIgniter

CodeIgniter adalah framework MVC. MVC adalah singkatan dari Model View Controller. Saat pengguna meminta sumber daya, pengontrol merespons terlebih dahulu. Controller memahami permintaan pengguna kemudian meminta data yang diperlukan.

Misalnya, jika Anda ingin mengambil pelanggan dengan id= 3, controller akan menerima permintaan Anda, kemudian meminta model CodeIgniter untuk mengambil record dengan id 3. Model CodeIgniter akan mengembalikan record ke controller. Controller kemudian meneruskan hasilnya ke tampilan yang memformatnya ke dalam format yang dapat dibaca manusia. Kemudian hasilnya akan dikembalikan ke pengguna di browser.

4 Alasan Menggunakan Framework CodeIgniter

Sebagian besar framework PHP berisi mekanisme bawaan untuk menanggapi perubahan yang terjadi dalam bisnis dan aplikasi web mereka. Framework pengontrol tampilan model CodeIgniter terdiri dari beragam properti dan alat yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi web dalam waktu singkat.

Alat ini memiliki jejak kecil dan menawarkan berbagai praktik terbaik yang dapat Anda sesuaikan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Berikut adalah alasan yang memvalidasi mengapa Anda harus memilih CodeIgniter untuk pengembangan aplikasi web pada tahun 2021 ini.

1. Salah Satu Framework Terbaik

Setiap perusahaan pengembangan web akan selalu mencari keamanan yang telah ditingkatkan. Foundation CodeIgniter menawarkan banyak fungsi keamanan dan sejumlah fitur yang memiliki beragam fungsi bawaan untuk penyaringan input dan output. Kebanyakan dari mereka menyatakan proses enkripsi dan dekripsi yang sangat membantu setiap developer untuk mengambil alih dan mengelola data dalam proses instalasi.

2. Konfigurasi Lebih Sederhana

Framework CodeIgniter PHP dibuat dari susunan linier dan memiliki pengaturan folder yang dapat digunakan secara bebas. Ini membantu dalam merampingkan sintaks PHP saat menggunakan framework. Hasil konstruksi seperti itu dalam membangun aplikasi web tanpa kesulitan sejalan dengan skema kesalahan sintaks yang kompleks dan itu juga dalam waktu yang jauh lebih singkat.

3. Fasilitas Pengujian Unggul

Versi terbaru Codeigniter berdiri terpisah dari framework PHP lainnya karena karakteristik pengujian langkah demi langkahnya yang sangat bermanfaat dalam prosedur framework pengembangan aplikasi web apa pun. Keuntungan eksklusif ini membantu pengembangnya untuk meneliti fungsi dengan tingkat kinerjanya dan juga mengedarkan pendekatan terbaik yang akan membantu dalam proyek pengembangan di masa depan.

4. Mudah Digunakan

Framework pengontrol tampilan model PHP CodeIgniter memiliki interface yang sederhana, sehingga membuatnya mudah dipelajari dan digunakan. Framework ini, sebagai open-source, dapat dengan mudah dikonfigurasi agar sesuai dengan persyaratan perusahaan Anda. Di masa depan, jika ada beberapa perubahan dalam persyaratan, itu pasti dapat ditanamkan dalam proyek Anda melalui solusi cepat menggunakan banyak pengontrol dan alat yang tersedia.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini