Catat! Penderita Diabetes Perlu Melakukan Ini Agar Aman Selama Berolahraga

Catat! Penderita Diabetes Perlu Melakukan Ini Agar Aman Selama Berolahraga Kredit Foto: Pexels/Micah Boerma

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan gula darah adalah dengan berolahraga. Meski sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga, penderita diabetes harus melakukan persiapan khsusus.

Hal ini mengacu pada kenyataan bahwa penderita diabetes sangat sensitif terkait kondisi tubuh mereka, mulai dari asupan makanan sampai terjadinya luka pada tubuh mereka yang bisa berdampak parah.

Baca Juga: Apa Benar Konsumsi Buah Jamblang Tepat Bagi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Agar risiko kesehatan penderita diabetes selama berolahraga dapat dihindari, berikut cara yang bisa dilakukan sebagaimana dilansir dari laman health.clevelandclinic.org.

Sebelum memulai program olahraga, bicarakan dengan dokter Anda untuk memastikan olahraga yang Anda pilih aman dan sesuai untuk jenis diabetes Anda. Ingatlah untuk memulai secara perlahan, terutama jika Anda sudah lama tidak aktif secara fisik.

Berikut tips keamanan lainnya:

  • Periksa gula darah Anda sebelum dan sesudah berolahraga sampai Anda mengetahui bagaimana tubuh Anda merespons olahraga.
  • Baik Anda menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2, pastikan gula darah Anda kurang dari 250 mg/dl sebelum berolahraga. Bagi penderita diabetes tipe 1, berolahraga dengan gula darah lebih tinggi dari 250 mg/dl dapat menyebabkan ketoasidosis, yang bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa akibat kekurangan insulin dalam tubuh. Lakukan pemanasan lima menit sebelum dan lima menit pendinginan setelah berolahraga.
  • Minum banyak air sebelum, selama dan setelah berolahraga untuk mencegah dehidrasi.
  • Bersiaplah untuk setiap episode gula darah rendah. Sediakan sesuatu yang dapat meningkatkan kadar gula, seperti permen keras, tablet glukosa, atau 4 ons jus.
  • Kenakan gelang ID peringatan medis. Jika keadaan darurat terjadi, EMS akan tahu bagaimana memperlakukan Anda dengan benar.
  • Selalu membawa ponsel.
  • Hindari berolahraga di suhu yang sangat panas atau dingin.
  • Kenakan sepatu dan kaus kaki yang tepat untuk melindungi kaki Anda.

Baca Juga: Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini