Satgas Jamin Situasi Kedatangan Turis Asing di Bali Akan Dipantau Tiap Minggu

Satgas Jamin Situasi Kedatangan Turis Asing di Bali Akan Dipantau Tiap Minggu Kredit Foto: Antara/Akbar N Gumay

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meyakinkan akan memantau perkembangan laju penularan virus Covid-19 di Bali tiap minggunya. Hal ini merupakan respons dari dibukanya wisata bagi turis asing di Pulau Dewata tersebut.

"Akan selalu kita amati, awasi, dan akan kita pastikan kita review tiap minggu. Apabila terjadi peningkatan kasus, tentunya akan kita lakukan pengereman lagi," kata Wiku dalam dialog virtual KPCPEN, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Sebelum Mati Langkah, WHO Punya Langkah Terakhir Ini buat Gali Asal-Usul Covid-19

Pembukaan wisata bagi turis asing di Bali merupakan bagian dari upaya relaksasi bertahap oleh pemerintah seiring dengan perbaikan situasi Covid-19 di RI. "Dengan perbaikan kondisi level dan risiko di berbagai tempat di Indonesia, termasuk Bali, kita sudah bisa mulai melakukan relaksasi. Salah satunya dengan membuka [masuknya] turis secara bertahap di Bali," jelasnya.

Lebih lanjut, Wiku juga menyebut kesiapan fasilitas kesehatan kali ini telah lebih matang dari sebelumnya akibat lonjakan kasus gelombang kedua beberapa waktu lalu. Baik fasilitas isolasi terpusat (isoter) maupun karantina saat ini dalam kondisi siap siaga meskipun kasus Covid-19 relatif rendah.

"Maka, apabila terjadi sesuatu, fasilitas [kesehatan] telah siap," pungkasnya.

Jubir Satgas itu menegaskan upaya mempertahankan kondisi pandemi merupakan tanggung jawab dari seluruh pihak, "Baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh masyarakat. Maka, manfaatkan kondisi yang baik ini dengan hati-hati."

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini