Kemkominfo dan Kemendikbud Ristek Ajak Pendidik Menjadi Content Creator

Kemkominfo dan Kemendikbud Ristek Ajak Pendidik Menjadi Content Creator Kredit Foto: Kemenkominfo

Kegiatan belajar mengajar menjadi salah satu aspek terpenting yang dapat menentukan perkembangan dan kemajuan dari suatu bangsa.Kemampuan fasilitator atau pengajar dalam memberikan materi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dan multimedia yang semakin berkembang saat ini menjadi penentu sukses atau tidaknya dalam proses pembelajaran.

Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkjominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyelenggarakan program “Kelas Mengajar Online Sesi III” dengan tema “Membuat Video Belajar sebagai Media Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan”.

Kelas mengajar tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Kemkominfo TV, Siberkreasi, Direktorat Sekolah Dasar, Pendidikan.id, dan Facebook Page Siberkreasi.

Narasumber yang mengisi materi adalah Estu Saputro, seorang Content Creator, dan dipandu Annisa Virdianasari sebagai moderator, serta hadir dan memberikan sambutan, Widyaprada Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud Ristekdikti, Dr. Nilam Suri, mewakili Dirjen Paud, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud Ristekdikti, Jumeri, yang berhalangan hadir. Juga turut hadir Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, sebagai keynote speaker.

Baca Juga: Menteri Johnny: Kominfo Putus Akses 4.873 Konten Fintech Ilegal Sejak Tahun 2018

Nilam Suri menyampaikan bahwa salah satu soft skill penting yang perlu dibekali tenaga pendidik adalah bagaimana cara membuat video belajar yang menarik dan menyenangkan, sebab itu salah satu media belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran itu sendiri

“Kita dapat meningkatkan kualitas pemahaman peserta didik secara lebih cepat karena adanya visualisasi dalam video tersebut”, ujar Nilam.

Kemudian Dirjen Semuel juga menyampaikan kehidupan normal yang baru baik sekarang maupun pasca pandemi nanti akan mempercepat proses digitalisasi di berbagai lini kehidupan kita, maka dari itu kita harus mempersiapkan SDM kita dengan keterampilan digital yang sesuai untuk menghadapi perubahan ini.

“Mari kita membawa perubahan positif untuk Indonesia yang lebih baik, kita ciptakan inovasi-inovasi berkualitas dengan mengembangkan talenta dan memaksimalkan potensi masyarakat digital Indonesia”, demikian Dirjen Semuel menutup sambutannya.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini