Apresiasi Keberhasilan Perusahaan Jalankan Program Creating Shared Value

Apresiasi Keberhasilan Perusahaan Jalankan Program Creating Shared Value Kredit Foto:

Konsep Creating Shared Value (CSV) memang belum begitu populer di Indonesia. Kendati demikian, telah ada beberapa perusahaan yang berhasil menjalankannya dengan baik, bahkan berhasil menciptakan nilai ekonomi bersama sekaligus menyelesaikan persoalan sosial yang ada di masyarakat. 

Untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil menjalankan konsep CSV, INFOBRAND.ID sebagai Indonesia number one brand media, bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia dan didukung oleh Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, melakukan proses penilaian terhadap perusahaan yang telah menjalankan CSV. 

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, proses penilaian dilakukan dalam dua tahap; pertama mengumpulkan data perusahaan yang menjalankan CSV dan pendaftaran yang dilakukan oleh perusahaan yang memiliki program CSV dan telah menjalankan program CSV.

Dari tahap pertama, setidaknya terdapat 54 perusahaan yang lolos untuk mengikuti tahap berikutnya. 

“Dari 54 peserta tersebut yang lolos seleksi awal kami undang secara resmi untuk hadir melakukan presentasi dan memaparkan program CSV yang sedang dijalankan di hadapan dewan juri melalui aplikasi zoom meeting,” ungkap Tri Raharjo. 

Proses penjurian dilakukan oleh tiga dewan juri berkompeten di bidangnya, antara lain; Drs. Mas Achmad Daniri, MEc selaku Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar GCG Nasional, dan Penulis Buku Lead by CSV. Dr. Gancar C. Premananto, CDM, selaku Head of Management Departement FEB, Universitas Airlangga dan sebagai Senior Consultant & Mentor CSV. Tri Raharjo, SE., M.M, selaku CEO TRAS N CO Indonesia yang juga dikenal sebagai Founder Indonesia Brand Network. 

Adapun metode penilaian dilakukan menggunakan tiga pendekatan penilaian; CSV Concept Aspect, menilai konsep CSV yang diterapkan oleh perusahaan yang selaras dengan strategi bisnis, dan memiliki keunggulan kompetitif dengan memasukkan masalah sosial dan memiliki nilai inovasi atau kebaruan.

Berikutnya CSV Impact Aspect, menilai kegiatan CSV yang memiliki dampak positif untuk internal perusahaan, serta berkesinambungan terhadap keberlangsungan bisnis yang bersifat menguntungkan dan memiliki dampak efisiensi bagi perusahaan.

Dan eksternal perusahaan, dengan menilai kegiatan yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat melalui Sustainable Development Goals (SDGs). 

“Terakhir, CSV Branding Aspect, menilai kegiatan CSV yang memiliki nilai branding bagi perusahaan, terhadap produk/jasa, yang mampu meningkatkan brand image perusahan, yang memiliki diferensiasi dengan kegiatan lainnya,” jelas Tri Raharjo.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini