Jika Anak Mengalami Gangguan Pencernaan Bisa Jadi Itu Tanda...

Jika Anak Mengalami Gangguan Pencernaan Bisa Jadi Itu Tanda... Kredit Foto: Unsplash/Vitolda Klein

Orang tua memiliki peran penting dalam memahami dan mengenali gejala alergi pada anak, salah satunya gangguan pencernaan.

Pasalnya, gangguan pencernaan yang mengindikasikan gejala alergi bisa menghambat asupan nutrisi dan tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

Untuk memahami hal tersebut, Danone Specialized Nutrition Indonesia mengadakan seminar digital dengan tema ‘Gejala Alergi Saluran Cerna VS Gangguan Saluran Cerna Fungsional: Cara Membedakannya’.

Dalam webinar ini, Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi dr Frieda Handayani Sp.A (K) menjelaskan bahwa saluran cerna pada anak masih rentan.

Salah satu penyebabnya adalah organ pencernaan yang belum berfungsi dengan sempurna, sehingga anak seringkali mengalami gangguan seperti konstipasi. 

Selain itu, gangguan saluran cerna pada anak juga dapat merupakan manifestasi alergi, seperti alergi susu sapi.

Baca Juga: Punya Manfaat Kesehatan, Ini Cara Membuat Minuman Jahe untuk Penderita Diabetes

“Pada umumnya, orangtua sulit membedakan apakah gangguan saluran cerna yang dialami anak disebabkan karena gangguan fungsional atau merupakan manifestasi alergi,” papar dr Frieda.

Dr Frieda pun menekankan pentingnya mengenali penyebab gangguan saluran cerna pada anak, karena membutuhkan penanganan yang berbeda.

Gangguan saluran cerna yang disebabkan karena alergi, pada umumnya juga disertai dengan gejala alergi lainnya yang terjadi pada kulit ataupun saluran pernapasan.

“Oleh karena itu, tindakan promotif dan preventif sejak dini menjadi hal sangat penting untuk mengatasi penyakit alergi,” jelasnya.

Baca Juga: Penting! Apa Boleh Penderita Diabetes Makan Buah Salak? Ternyata…
 
Melihat pentingnya deteksi dini gejala alergi saluran cerna pada anak, Danone Specialized Nutrition Indonesia membuat inovasi berupa alat deteksi digital.
 
Alat tersebut berfungsi untuk membedakan gejala alergi dan gejala saluran cerna fungsional (FGID) pada si Kecil.
 
Allergy-Tummy Checkerdapat diakses di www.bebeclub.co.idmulai tanggal 1 November 2021. (*)

Baca Juga: Waduh! Apakah Jahe Bagus Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ternyata…

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini