Tidak Boleh Sembarangan! Ini Aturan Diet untuk Penderita Diabetes

Tidak Boleh Sembarangan! Ini Aturan Diet untuk Penderita Diabetes Kredit Foto: Sindonews

Jika Anda menderita diabetes, mengelola kadar gula darah Anda penting untuk menghindari komplikasi kesehatan lebih lanjutan. Jenis makanan yang tepat juga dapat membantu Anda mengelola diabetes Anda dalam jangka panjang. 

Berikut beberapa tip diet sederhana yang bisa Anda ikuti seperti dilansir di laman Time of India, Rabu (13/10).

Baca Juga: Wajib Waspada! Diabetes Punya Keterkaitan dengan Gagal Ginjal

1. Makanan untuk diabetesi

Karena semakin banyak orang yang menderita diabetes, pasar dibanjiri dengan pilihan makanan yang menyebut diri mereka ramah diabetes. Tapi tidak ada bukti bahwa makanan ini memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan makan sehat pada umumnya. Faktanya, mereka mungkin mengandung kalori sebanyak makanan kemasan lainnya, yang dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

2. Pilih makanan utuh dibandingkan suplemen

Tidak ada bukti mineral dan suplemen vitamin dapat membantu Anda mengelola diabetes. Jadi, sampai dokter Anda menyarankan, Anda tidak boleh mulai mengonsumsi suplemen sendiri. Lebih baik mendapatkan nutrisi penting Anda dari makanan karena suplemen dapat memengaruhi metabolisme Anda dan membuat diabetes menjadi rumit.

Baca Juga: Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah utuh baik untuk semua orang, bahkan untuk penderita diabetes. Buah-buahan memiliki gula alami, yang tidak membahayakan tubuh. Pilih buah utuh daripada jus buah. Makan dalam porsi kecil sepanjang hari lebih baik daripada makan dalam porsi besar sekali sehari.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini