Kim Jong-un Digugat Orang-orang Jepang atas Janji Surga di Dunia, Apa Maksudnya?

Kim Jong-un Digugat Orang-orang Jepang atas Janji Surga di Dunia, Apa Maksudnya? Kredit Foto: Reuters/KCNA

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un harus membayar ganti rugi atas skema 1959-1984 yang menyebabkan lebih dari 90.000 orang pindah ke Jepang dari negara terisolasi itu, menurut sidang pengadilan Tokyo.

Melansir BBC, Jumat (15/10/2021), kampanye repatiasi kemudian dikutuk oleh beberapa orang sebagai "penculikan negara".

Baca Juga: Sukses Bikin Kim Jong Un Senyum-senyum, Netizen Bilang Itu 'Kapten Korea Utara'

Lima orang yang ambil bagian dan kemudian melarikan diri dari Korea Utara masing-masing menuntut 100 juta yen (880.000 dolar/640.000 pounds). Mereka tidak mengharapkan Kim muncul atau membayar, tetapi berharap keputusan dapat membantu dalam negosiasi di masa depan.

Ribuan orang Korea --banyak yang bertentangan dengan keinginan mereka-- pindah ke JepangĀ  selama pemerintahan kolonialnya di semenanjung Korea dari tahun 1910 hingga 1945. Sebagian besar orang yang terlibat dalam skema pemukiman kembali adalah etnis Korea yang dijual dengan visi "Tanah Air" sebagai "surga" --dan beberapa pasangan Jepang pergi bersama mereka.

Baik Korea Utara maupun Jepang mendukung kampanye tersebut. Korea Utara sangat ingin membangun kembali setelah dirusak oleh Perang Dunia Kedua dan Perang Korea.

Jepang menganggap orang Korea sebagai orang luar dan dengan senang hati membantu relokasi mereka.

Kombinasi diskriminasi di Jepang dan propaganda Korea Utara yang menjanjikan kehidupan yang indah dari perawatan kesehatan gratis, pendidikan dan pekerjaan di tanah air adalah godaan besar.

Bagi banyak orang, kenyataannya adalah kerja paksa di pertanian, tambang atau pabrik, pelanggaran hak asasi manusia, dan ketidakmampuan untuk pergi. Kasus pengadilan memiliki nuansa simbolis --lima penggugat menerima itu.

Keempat etnis Korea, dan istri Jepang dari seorang Korea yang bergabung dalam program tersebut, semuanya kemudian membelot kembali ke Jepang.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini