Sembelit dan Demam Terjadi Bersamaan, Apa yang Harus Dilakukan dan Apakah Berbahaya?

Sembelit dan Demam Terjadi Bersamaan, Apa yang Harus Dilakukan dan Apakah Berbahaya? Kredit Foto: Pexels/cottonbro

Gejala sembelit meliputi tinja keras, kental, atau sulit dikeluarkan, dan umumnya terjadi selama tiga hari hingga seminggu. Lalu, bagaimana jika sembelit dibarengi demam?

Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS (MedlinePlus), demam merupakan respons terhadap penyakit atau infeksi.

Baca Juga: Apa Benar Konsumsi Buah Jamblang Tepat Bagi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Tubuh sedang mencoba membunuh bakteri atau virus dengan menciptakan suhu tinggi agar patogen sulit bertahan hidup. Peningkatan suhu ini juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar mulai bekerja.

"Jika Anda mengalami demam dan sembelit, Anda tidak boleh mendiagnosis diri sendiri," tutur Elana Maser, MD, asisten profesor gastroenterologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai.

Tetapi, ahli gastroenterologi Rudolph Bedford, MD, di Pusat Kesehatan Providence Saint John, Santa Monica, ada kemungkinan gejala ini muncul karena divertikulitis.

Berdasarkan Health, divertikulitis merupakan adanya infeksi atau peradangan pada divertikula, kantong kecil menonjol yang terbentuk di sepanjang usus besar.

Banyak orang memilikinya, yang disebut divertikulosis. Ini tidak menyebabkan masalah.

Baca Juga: Waduh! Apakah Boleh Penderita Diabetes Mengonsumsi Suplemen? Ternyata…

Selain demam, divertikulitis juga dapat menyebabkan rasa sakit di sisi kiri perut, yang bisa parah dan terjadi secara tiba-tiba, atau ringan tetapi rasa sakitnya meningkat seiring waktu. Beberapa orang juga mengalami mual dan muntah.

"Divertikulitis membutuhkan antibiotik untuk mengobati," jelas Bedford.

Untuk memastikan penyakit, dokter umumnya akan membuat Anda melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Bahkan, mungkin menyarankan untuk melakukan CT scan.

Intinya, apabila mengalami sembelit sekaligus demam, berarti biasanya ada masalah mendasar lainnya. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah tidak menunda pengobatan, segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: Masalah Kurang Tidur Tidak Bisa Dianggap Remeh, Dampaknya…

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini