Super! Mendadak Jepang Luncurkan 'Hakugei' Kapal Selam Kelas Taigei Usai China...

Super! Mendadak Jepang Luncurkan 'Hakugei' Kapal Selam Kelas Taigei Usai China... Kredit Foto: Reuters/Japan Ministry of Defense

Jepang telah meluncurkan yang kedua dari kelas baru kapal selam diesel-listrik tepat satu tahun setelah kapal utama dari seri bertenaga lithium-ion turun ke air.

Kapal selam baru yang diberi nama Hakugei atau Paus Putih itu diluncurkan di galangan kapal Kawasaki Heavy Industries di kota Kobe pada Kamis (14/10/2021) sore waktu Jepang.

Baca Juga: AL Amerika, Jepang, Australia, dan India Gelar Latihan Bersama di Tengah Kebangkitan China

Kapal selam itu sekarang akan menjalani konstruksi akhir dan uji coba laut sebelum ditugaskan ke Pasukan Bela Diri Maritim Jepang atau JMSDF, yang direncanakan pada Maret 2023.

Hakugei adalah kapal selam kelas Taigei kedua. Ini adalah kapal selam serang diesel-listrik seberat 3.000 ton berukuran panjang 84 meter (275 kaki), dan sebelumnya dikenal sebagai kelas 29SS, dinamai berdasarkan tahun ke-29 pemerintahan Kaisar Akihito di Jepang.

Kapal pertama di kelasnya, Taigei, diluncurkan pada Oktober 2020 dan memulai uji coba laut pada Juli tahun ini. Diharapkan akan ditugaskan pada Maret 2022.

Komisioning akan memungkinkan JMSDF untuk melanjutkan upaya merekapitalisasi armada kapal selamnya, dengan layanan menjaga beberapa kapal tua tetap beroperasi karena jumlah kapal selam yang beroperasi menjadi 22.

Keputusan untuk meningkatkan kekuatan kapal selam JMSDF dari 16 kapal diumumkan dalam pedoman program pertahanan nasional 2010. Itu terjadi ketika Jepang terus mewaspadai modernisasi militer China dan meningkatkan ketegasan di wilayah tersebut.

Seperti dua kapal terakhir dari kelas Soryu sebelumnya dan Taigei, Hakugei akan dilengkapi dengan baterai lithium-ion sebagai sumber daya.

Jepang telah melakukan penelitian ekstensif tentang penggunaan baterai lithium-ion di kapal selam sejak awal 2000-an, dan mengatakan mereka membutuhkan lebih sedikit perawatan dan mampu bertahan lebih lama pada kecepatan tinggi saat terendam dibandingkan dengan baterai timbal-asam.

Saat ini satu-satunya negara yang diketahui memiliki kapal selam operasional menggunakan baterai lithium-ion.

Kekuatan kapal selam yang ditingkatkan akan terdiri dari delapan kapal selam kelas Oyashio yang lebih tua, dua belas kapal Soryus dan dua kapal kelas Taigei. J

epang telah meletakkan satu lagi kapal selam kelas Taigei dan memiliki pendanaan yang disetujui untuk dua lagi, yang terbaru adalah $602,3 juta yang dialokasikan untuk satu kapal lagi dalam anggaran terbaru kementerian pertahanan.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini