Isu Reshuffle Memanas, Andika Perkasa jadi Kepala BIN, Budi Gunawan Menko Polhukam, Mahfud MD?

Isu Reshuffle Memanas, Andika Perkasa jadi Kepala BIN, Budi Gunawan Menko Polhukam, Mahfud MD? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Isu terbaru reshuffle kabinet kembali terdengar. Nama Andika Perkasa disebut bakal menduduki jabatan Kepala BIN. Sementara Budi Gunawan alias BG bakal diplot sebagai Menko Polhukam.

Bila skenario itu yang dipilih Presiden Jokowi, lantas ke mana Mahfud MD?

Baca Juga: Jenderal Andika Perkasa Lebih Berpeluang jadi Panglima TNI Baru, Alasannya Wow...

Pendiri lembaga survei KedaiKopi, sekaligus pengamat politik Hendri Satrio (Hensat) mengatakan Jokowi memiliki hak prerogatif memilih Panglima TNI dan menteri yang baru.

“Saya pikir presiden tidak mengulur-ulur waktu. Hadi Tjahjanto pensiun November nanti. Ada kemungkinan presiden belum nyaman jika harus cepat diganti. Biasanya sih calonnya dari tiga kepala staf TNI yang ada,” ujar Hensat, Jumat (15/10).

Selama ini, lanjutnya, Jokowi sering bikin kejutan. Bisa jadi Andika Perkasa dan Hadi Tjahjanto ditarik ke kabinet.

“Soal itu tergantung kebutuhan presiden,” imbuhnya. Namun, untuk Panglima TNI yang baru, Hensat menyarankan seharusnya konsentrasinya adalah pengamanan negara.

Bagi dia, sosok Panglima TNI yang adalah yang memahami ancaman internasional.

"Misalnya soal konflik di Natuna. Nah, seharusnya yang dipilih sebagai Panglima TNI tahu persis soal itu,” pungkasnya.

Nah, bagaimana dengan reshuffle kabinet? Ada isu Andika Perkasa masuk. Sementara posisi Budi Gunawan digeser ke jabatan baru sebagai Menko Polhukam.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini