Hampir Perang! Kapal Rusia Kejar-kejaran dengan Kapal Perang AS

Hampir Perang! Kapal Rusia Kejar-kejaran dengan Kapal Perang AS Kredit Foto: Sindonews

Rusia menyebut, salah satu kapal militernya sukses mengusir kapal perusak angkatan laut AS yang berusaha melanggar perairan teritorial Rusia.

Kejadian tersebut terjadi kala Rusia-China sedang latihan angkatan laut di Laut Jepang pada hari Jumat (15/10).

Baca Juga: Militer Rusia-China Latihan Perang di Laut Jepang, Mungkin Bikin Amerika dan Sekutunya Gemetar!

Pihak AS belum memberi komentar terkait klaim Rusia tersebut.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan awak kapal anti-kapal selam Rusia, Admiral Tributs, telah mengirimkan peringatan melalui radio kepada kapal bernama USS Chafee 

Kapal perang AS itu disebutkan berlayar di daerah yang tertutup untuk navigasi karena latihan dengan tembakan artileri".

Lebih anjut, kementrian itu menjelaskan kapal perusak AS gagal mengubah arah dan malah mengibarkan bendera yang mengindikasikan sedang bersiap untuk meluncurkan helikopter dari deknya

"Bertindak dalam kerangka aturan navigasi internasional, Admiral Tributs menetapkan arah untuk mengusir penyusup dari perairan teritorial Rusia," ujarnya.

Chafee akhirnya berubah arah ketika kedua kapal berjarak kurang dari 60 meter, katanya.

Dikatakan insiden itu berlangsung sekitar 50 menit dan terjadi di Peter the Great Bay, yang terletak di selatan Vladivostok di barat Laut Jepang.

Ini adalah kedua kalinya dalam empat bulan Rusia mengatakan pihaknya mengejar kapal perang anggota NATO dari perairannya. 

Baca Juga: Putin Klaim Rusia Bersikap Netral atas LCS, tapi China Sangat Berpotensi...

Pada bulan Juni, Rusia menuduh kapal perusak Inggris, Defender, melanggar perairan teritorialnya di Laut Hitam.

Rusia kala itu mengatakan telah memaksa kapal itu pergi dengan tembakan peringatan dan menjatuhkan bom di jalurnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini