Pengamat Bongkar Alasan Mesranya Jokowi-Prabowo, Ternyata...

Pengamat Bongkar Alasan Mesranya Jokowi-Prabowo, Ternyata... Kredit Foto: Antara/HO/Indonesia Defense Magz/pras

Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terlihat kian mesra. Menurutnya, kedua elite politik itu ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat.

"Ketika dua pemimpin ini bersatu dapat menciptakan efek moral positif di masyarakat bahwa negara ini stabil," kata Adi Prayitno di Jakarta, Sabtu (16/10).

Baca Juga: Umumkan Formula E di Jakarta, Alberto Longo Kutip Pesan Anies hingga Puji Jokowi

Dia mengungkapkan, ada beberapa kesempatan belakangan ini yang memperlihatkan kekompakan Presiden Jokowi dan Menteri Prabowo. Dia melanjutkan, salah satunya adalah penetapan komando cadangan (komcad) yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, Prabowo juga mendampingi presiden saat meresmikan RS LB Moerdani yang dibangun oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Merauke, Papua. Fasilitas itu didirikan guna mendukung penanganan Covid-19 sekaligus gelaran PON di Papua.

Adi melanjutkan, tidak lama sebelum itu, Prabowo juga mendampingi kunjungan kerja Jokowi ke Kalimantan Tengah untuk mengecek perkembangan vaksinasi, meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda ruas Balikpapan-Samboja dan meninjau sodetan atau terusan buatan yang merupakan akses jalan menuju ibu kota negara di Kalimantan Timur.

"Jokowi terlihat nyaman dan mengandalkan Prabowo di beberapa kesempatan. Prabowo pun terlihat sangat menghormati Jokowi selaku pimpinannya," katanya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini berpendapat kalau Jokowi terlihat puas dengan kinerja Prabowo sebagai menteri pertahanan. Menurutnya, hal itu terlihat dari kehadiran Jokowi di acara penetapan komcad hingga selesai.

"Presiden hadir sampai habis dalam acara penetapan komcad beberapa waktu lalu adalah sinyal bahwa Jokowi puas dengan kinerja Prabowo," nilai Adi.

Sebaliknya, sambung dia, dukungan Prabowo terhadap kebijakan Jokowi juga jelas terlihat. Dia mencontohkan, terkait penanganan Covid-19, ibu kota negara juga komcad yang menjadi warisan pemerintahan Jokowi jilid pertama.

Ketua Umum Gerindra itu juga berhasil mengantongi lisensi pembuatan fregat Arrowhead 140 dari produsen asal Inggris, Babcock International. Nantinya, kapal perang itu akan diproduksi PT PAL dan dilengkapi rudal permukaan dan udara.

Kementerian Pertahanan di bawah Prabowo juga tercatat berhasil mendirikan RS Jenderal TNI LB Moerdani di Merauke dengan cepat, yakni 20 hari. Adi mengatakan, hal ini sesuai dengan kerja cepat yang diinginkan Jokowi.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini