Penting! Penderita Diabetes Mengalami Rasa Lapar yang Berlebihan? Mungkin Ini Penyebabnya, Ternyata…

Penting! Penderita Diabetes Mengalami Rasa Lapar yang Berlebihan? Mungkin Ini Penyebabnya, Ternyata… Kredit Foto: Instagram/@fridajoincoffee

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Baca Juga: Apakah Konsumsi Sagu Aman Bagi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Kondisi ini melahirkan komplikasi atau damapk kesehatan, mulai dari yang sifatnya kronis sampai yang sifatnya sampingan. 

Rasa lapar yang hebat dan terus menerus juga kerap dialami penderita diabetes. Lantas adakah hubungan antara rasa lapar hebat itu dengan kondisi diabetes seseorang?

Melansir laman diabetesstrong.com, Polyphagia pada dasarnya adalah kelaparan atau rasa lapar yang berlebihan. 

Sementara non-diabetes tentu juga dapat mengalami Polyphagia yang berkelanjutan, ini sangat umum terjadi pada penderita diabetes karena kadar gula darah yang tinggi dan rendah dapat berdampak signifikan pada nafsu makan Anda.

Baca Juga: Waduh! Apakah Boleh Penderita Diabetes Mengonsumsi Suplemen? Ternyata…

Polyphagia sangat terkait dengan diabetes, paling tidak ini terkait dengan 3 hal yang berkaitan dengan diabetes:

  • Hyperglycemia (high blood sugar)
  • Hypoglycemia (low blood sugar)
  • Hyperthyroidism (overactive thyroid)

Mengapa Hiperglikemia (gula darah tinggi) menyebabkan rasa lapar yang berlebihan?

Hiperglikemia adalah "gula darah tinggi" dan sementara apa pun di atas 140 mg/dL dianggap "lebih tinggi dari normal," efek samping dari kelaparan dimulai ketika gula darah Anda melewati garis 250 mg/dL itu. Semakin lama bertahan sekitar 250 mg/dL, semakin kuat keinginan itu.

Penyebab polyphagia ini sangat menyusahkan karena semakin banyak Anda makan, semakin tinggi gula darah Anda, dan kemudian, semakin kuat pula rasa lapar Anda yang berlebihan.

Baca Juga: Teh Ini Cocok untuk Penderita Diabetes karena Bisa Membantu Mengurangi Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi secara langsung meningkatkan keinginan Anda untuk makan, dan khususnya, gula, karena tubuh Anda bergantung pada pengiriman glukosa setiap detik untuk berfungsi.

Ketika tidak ada cukup insulin yang ada untuk benar-benar memanfaatkan dan mengangkut glukosa itu ke otak Anda dan sel-sel lain di seluruh tubuh, otak Anda memberi isyarat untuk lapar.

Dan lagi, ini adalah “lingkaran setan” karena semakin banyak Anda makan, semakin tinggi gula darah Anda, semakin kuat keinginan Anda akan gula.

Jika Anda menderita diabetes dan merasakan hal yang dijelaskan di atas, segera kunjungi tenaga kesehatan untuk mendapat pemeriksaan dan penganan lebih lanjut.

Baca Juga: Agar Kesehatan Optimal, Ini Suplemen yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini