Apakah Diabetes Tipe 1 dan 2 Bisa Dicegah dengan Diet dan Olahraga? Ternyata…

Apakah Diabetes Tipe 1 dan 2 Bisa Dicegah dengan Diet dan Olahraga? Ternyata… Kredit Foto: Unsplash/Derick McKinney

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Usaha pencegahan diabetes secara umum dilakukan lewat menerapkan pola hidup yang sehat. Dalam hal ini termasuk melakukan aktifitas fisik atau berloahraga.

Baca Juga: Agar Kesehatan Optimal, Ini Suplemen yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Tapi apakah dengan melakukan diet dan berolahraga Anda bisa mencegah ancaman berbagai jenis atau tipe diabetes?

Melansir laman Verywell Fit, sayangnya Anda tidak bisa mencegah semua tipe atau jenis diabetes dengan menerapkan diet dan berolahraga.

Anda tidak dapat mencegah diabetes tipe 1 dengan diet dan olahraga. Dan harus jujur disampaikan bahwa Anda tidak dapat mencegah jenis ini (Tipe 1) sama sekali.

Diabetes Tipe 1 termasuk dalam penyakit autoimun ini melibatkan tubuh Anda menyerang dirinya sendiri, dan tidak ada upaya dari pihak Anda yang akan mencegah diabetes tipe 1.

Baca Juga: Tidak Boleh Sembarangan! Ini Aturan Diet untuk Penderita Diabetes

Anda harus berbicara dengan profesional perawatan kesehatan jika Anda memiliki riwayat keluarga diabetes tipe 1 atau jika Anda melihat tanda-tanda peringatan.

Anda mungkin dapat mencegah diagnosis tipe 2 atau pradiabetes melalui teknik pencegahan yang menggabungkan gaya hidup aktif, pilihan makanan sehat, dan manajemen berat badan.

Pada diabetes tipe 2, tubuh Anda menolak insulin dan tidak dapat menggunakan energi dari makanan sebagaimana mestinya. Hal ini menyebabkan gula menumpuk dalam darah Anda.

Dengan berolahraga dan pola diet sehat, bisa meningkatkan sensitifitas insulin sekaligus menjaga kadar gula darah Anda. Melakukan diet sehat dan olahraga dapat mencegah seseorang dari ancaman Tipe 2 dan juga bisa membuat kerusakan akibat diabetes tipe 2 tidak semakin parah.

Baca Juga: Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

Selalu utamakan kunjungi tenaga kesehatan untuk mendapat penjelasan lajutan mengenai kondisi diabetes Anda. Dengan mengunjungi mereka Anda mendapatkan pemeriksaan, penanganan, dan masukan yang tepat dan aman atas kondisi diabetes Anda.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini