Apa Benar Diabetes Menyebabkan Gangguan Pendengaran? Ternyata Oh Ternyata…

Apa Benar Diabetes Menyebabkan Gangguan Pendengaran? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Pexels/Kindel Media

Kondisi diabetes mengakibatkan banyaknya komplikasi atau dampak turunan pada tubuh. Komplikasi atau dampak turunan ini ada yang sifatnya menjadi penyakit kronis seperti serangan jantung, gagal ginjal, dll.

Jika dikaitkan secara pemahaman awam, rasanya sangat jauh permasalahan atau gangguan pendengaran telinga dikaitkan dengan kondisi diabetes.

Tetapi apakah gangguan atau permasalahan pendengaran benar bisa diakibatkan karena diabetes? jika ya apakah ini sangat berbahaya? Bagaimana penjelasannya?

Baca Juga: Apakah Konsumsi Daun Insulin Bermanfaat untuk Penderita Diabetes?

Melansir laman kesehatan Healthline, studi menunjukkan bahwa gangguan pendengaran dua kali lebih umum terjadi pada orang yang menderita diabetes daripada mereka yang tidak.

Dalam sebuah studi tahun 2008, para peneliti menganalisis data dari tes pendengaran orang dewasa antara usia 20 dan 69 tahun.

Mereka menyimpulkan bahwa diabetes dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan merusak saraf dan pembuluh darah. Studi serupa telah menunjukkan kemungkinan hubungan antara gangguan pendengaran dan kerusakan saraf.

Penelitian tersebut tidak membuat perbedaan antara tipe 1 dan tipe 2 yang mana merupakan dua tipe utama diabetes. Tetapi hampir semua peserta memiliki tipe 2.

Pada tahun 2013, peneliti menganalisis studi yang dilakukan dari tahun 1974 hingga 2011 tentang diabetes dan gangguan pendengaran.

Baca Juga: Wajib Waspada! Diabetes Punya Keterkaitan dengan Gagal Ginjal

Mereka menyimpulkan bahwa orang dengan diabetes dua kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran dibandingkan orang tanpa diabetes. Namun, para peneliti ini mencatat beberapa keterbatasan, seperti data yang didasarkan pada studi observasional.

Jika Anda menderita diabetes dan merasakan hal yang dijelaskan di atas (gangguan pendengaran), segera kunjungi tenaga kesehatan untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Catat! Ternyata Ini Vitamin yang Paling Dibutuhkan Penderita Diabetes

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini