Kapasitas Jemaah Masjidil Haram Dibuka Penuh, Pembatasan Sosial Dicabut

Kapasitas Jemaah Masjidil Haram Dibuka Penuh, Pembatasan Sosial Dicabut Kredit Foto: Reuters/Ahmed Yosri

Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi mulai melonggarkan pembatasan COVID-19 dan bersiap menerima jemaah dengan kapasitas penuh atau normal mulai Minggu (17/10/2021). 

Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Masjidil Haram, Dr. Saad bin Mohammed Al-Muhaimid, mengatakan sejumlah rencana telah dilakukan agar Masjidil Haram dapat beroperasi dengan kapasitas penuh sambil memastikan keselamatan semua orang. 

Baca Juga: Awas! Jemaah Umrah dengan Sinovac Gak akan Tercatat di Aplikasi Milik Arab Saudi Ini

Al-Muhaimid menambahkan bahwa pengunjung masjid suci akan tetap diwajibkan memakai masker dan melakukan reservasi untuk melakukan umrah dan sholat melalui aplikasi Tawakkalna dan Eatmarna. 

Dilansir ArabNews, para pekerja di Masjidil Haram pada Sabtu malam terlihat mengupas stiker yang mengingatkan orang-orang untuk menjaga jarak sosial, menandai berakhirnya ketentuan salat dan berdoa berjarak berdoa 1-2 meter karena pandemi coronavirus. 

Mulai hari ini,  penerapan jarak sosial tidak lagi wajib di pertemuan sosial atau di tempat umum termasuk di transportasi umum dan di restoran, bioskop, dan mal di wilayah Arab Saudi. 

Sementara masker tidak lagi wajib di luar ruangan, kecuali untuk lokasi tertentu termasuk dua masjid suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi).

Seperti diketahui, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengeluarkan perubahan aturan dimana pertemuan sosial dan berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang mulai diizinkan kembali setelah 18 bulan pembatasan sosial dan penguncian wilayah. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini