Ingat! Bukan Hanya karena Pandemi Covid-19, Ini Pentingnya Rajin Cuci Tangan Bagi Kesehatan

Ingat! Bukan Hanya karena Pandemi Covid-19, Ini Pentingnya Rajin Cuci Tangan Bagi Kesehatan Kredit Foto: Freepik.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mencatat, mencuci tangan dengan sabun dan air bisa mencegah 1 dari 3 penyakit diare dan 1 dari 5 infeksi saluran pernapasan, seperti pilek atau flu.

Menurut CDC, mencuci tangan berperan mengurangi jumlah orang yang sakit diare sekitar 23%-40% serta mengurangi ketidakhadiran karena penyakit gastrointestinal pada anak sekolah sebesar 29%-57%.

Baca Juga: Catat! Selain Diabetes, Ini Penyebab Rasa Lapar Berlebih pada Seseorang

Penyakit diare juga tak bisa disepelekan, UNICEF mencatat bahwa penyakit seperti diare dan pneumonia telah merenggut nyawa jutaan anak di seluruh dunia.

Selain itu, kebiasaan mencuci tangan juga bisa mengurangi penyakit diare pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah sekitar 58% dan mengurangi penyakit pernapasan, seperti pilek, pada populasi umum sekitar 16%-21%.

Meski demikian, UNICEF memaparkan hasil evaluasi tahun 2020 yang masih menunjukkan bahwa meski mencuci tangan jadi protokol penting, akses terhadap air bersih dan sanitasi masih belum merata.

Padahal, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun merupakan cara paling ampuh memutus rantai penyakit.

Baca Juga: Apakah Diabetes Tipe 1 dan 2 Bisa Dicegah dengan Diet dan Olahraga? Ternyata…

Oleh sebab itu, mencuci tangan pun tak boleh asal-asalan hanya menggunakan sabun saja.

Setelah mengoleskan sabun, penting untuk menggosok tangan agar kuman tidak pergi.

Melewati langkah terakhir dengan tidak membilas tangan dengan benar juga harus dihindari.

Tangan basah adalah cara termudah untuk menangkap kuman, jadi tunggu beberapa detik agar tangan mengering.

Adapun cara mencuci tangan dengan benar, yakni membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu matikan keran dan gunakan sabun.

Baca Juga: Penting! Kapan Diabetes Seseorang Bisa Dikatakan Tidak Terkontrol?

Jangan lupa untuk menggosok tangan dengan sabun hingga mencapai bagian punggung tangan, sela-sela jari, dan di ujung kuku. Lakukan ini selama 20 detik.

Setelah itu, bilas tangan dengan baik di bawah air bersih yang mengalir. Keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau dengan udara

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini