Pasukan Celeng Nggak Boleh Dipandang Enteng, Mereka Bisa Sekuat Pro Jokowi 2014

Pasukan Celeng Nggak Boleh Dipandang Enteng, Mereka Bisa Sekuat Pro Jokowi 2014 Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Barisan celeng disebut bisa bikin kejutan besar. Barisan ini disebut sangat kuat, prediksinya bahkan bisa bak barisan Pro Jokowi 2014.

Analisis Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto akhirnya keluar.

Dia ikut menanggapi kisruh Celeng vs Banteng di internal PDIP. Dari analisisnya, kasus celeng vs banteng tak jauh beda dengan peristiwa 2014.

Baca Juga: Soroti Gaya Politik Amien Rais, Ferdinand Beri Komentar Menohok

Saat itu, barisan kelompok pro Jokowi akhirnya bisa meluluhkan kelompok yang memberi dukungan agar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi calon presiden.

“Hasilnya sama-sama sudah kita ikuti akhirnya Jokowi menang dan mengulang hingga periode kedua," sebut Satyo, Minggu (17/10).

Menurutnya, kelompok celeng berhasil mencitrakan diri sebagai Wong Cilik yang bertarung melawan Wong Sugih.

"Uniknya justru personifikasi Celeng lebih menggambarkan wong cilik vs wong sugih atau elite di PDIP," ujarnya.

Gambaran ini menurutnya, terlihat di pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dan ini terlihat sama persis dengan kejadian 2014. Saat itu di basis konstituen PDIP muncul entitas pro Jokowi, yang tidak diharapkan oleh struktural PDIP.

Satyo Purwanto mengingatkan bahwa polemik ini akan semakin membesar ke depan jika pimpinan elite PDIP gagal mengelola konflik.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini