Jangan Dianggap Sepele! Ini Akibatnya Apabila Asam Urat Tidak Ditangani dengan Baik

Jangan Dianggap Sepele! Ini Akibatnya Apabila Asam Urat Tidak Ditangani dengan Baik Kredit Foto: Pexels/Cats Coming

Penyakit asam urat adalah penyakit tak bisa dianggap remeh. Jika penyakit asam urat tidak segera diobati, dapat memicu komplikasi asam urat yang lebih berbahaya.

Salah satunya jika asam urat tidak diatasi segera dapat menyebabkan benjolan di persendian jari tangan, kaki, pergelangan tangan kaki, dan telinga. Hal ini diungkapkan oleh Spesial Penyakit Dalam, dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH.

Baca Juga: Dampaknya Bikin Ngeri! Penderita Hipertensi Wajib Kurangi Asupan Makanan Ini

"Itu disebut gout artritis, pengendapan kristal asam urat, banyak sekali pasien abaikan asam urat misalnya karena masih muda makan apa saja sekarang penderita asam urat bergerak usia muda, karena western lifestyle, makan daging, sop kaki kambing, kacang-kacangan jeroan, itu sumber purin, dia punya gangguan metabolisme asam urat dibiarkan saja, gak dicek asam uratnya numpuk di jempol kaki, siku lutut, sendi tangan, perbedaan dengan peradangan sendi lain, asam urat gout ini kenanya satu sisi," kata Kaka dalam program hidup sehat TvOne, belum lama ini.

Tidak hanya itu saja, jika asam urat tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan sendi.

"Fakta, gout sendi jadi rusak, benjolan akan stay forever. makanya sebelum ada gout ada benjolan, kalau ada asam urat harus kita treat karena komplikasi macam-macam," jelas Kaka.

Baca Juga: Penderita Diabetes Harus Mulai Menjadikan Bawang Putih Sebagai Asupan Makanannya karena...

Lebih lanjut, peningkatan kadar asam urat akan membuat kristalnya menumpuk dan menyebabkan peradangan pada sendi. Parahnya, asam urat bisa menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

"Asam urat itu bisa terjadi deposisi di ginjal menjadi batu ginjal, batu ginjal itu bisa merusak ginjal. Kadar asam urat tinggi bisa mengganggu fungsi ginjal bisa sebabkan gagal ginjal ujung-ujungnya pasien disuruh cuci darah. Penumpukan kristal asam urat akan membentuk batu pada saluran kemih jadi batu ginjal kalau diabaikan bisa menyebabkan gagal ginjal," jelas Kaka.

Untuk itu, kata Kaka, penting bagi masyarakat untuk bisa melakukan beberapa pencegahan. Salah satunya dengan membatasi asupan makanan yang tinggi akan protein. Sebab, asam urat disebabkan karena adanya gangguan metabolisme purin atau protein.

Baca Juga: Tingkatkan Fungsi Jantung Agar Lebih Sehat dengan Minuman Berikut Ini

"Mengurangi konsumsi purin seperti jeroan, daging merah, kacang-kacangan, seafood yang mengandung purin yang tinggi. olahraga bisa membantu meningkatkan metabolisme asam urat dan berat badan berlebih bisa meningkatkan asam urat jadi sangat disarankan berolahraga dan berolahraga," kata Kaka.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini