Oposisi Sambut Keputusan Tolak Junta Myanmar dalam KTT ASEAN

Oposisi Sambut Keputusan Tolak Junta Myanmar dalam KTT ASEAN Kredit Foto: Antara/HO/ Setpres-Muchlis Jr

Pemerintah bayangan Myanmar, Pemerintah Persatuan Nasional (NUG), menyambut baik dikeluarkannya pemimpin junta Min Aung Hlaing dari pertemuan puncak KTT ASEAN akhir Oktober, Senin (18/10/2021). Mereka menilai harus ada menjadi perwakilan yang sah dari Myanmar.

"ASEAN mengecualikan Min Aung Hlaing adalah langkah penting, tetapi kami meminta agar mereka mengakui kami sebagai perwakilan yang tepat," kata juru bicara NUG Dr. Sasa.

Baca Juga: Hubungan Memanas! Junta Myanmar Serang ASEAN, Sebut Disetir Pihak-pihak Asing

Kelompok posisi ini menyatakan akan menerima ASEAN yang mengundang perwakilan alternatif Myanmar yang benar-benar netral. NUG mengatakan tokoh non-politik yang menghadiri KTT tidak boleh menjadi perwakilan junta yang menyamar.

Pernyataan ini sesuai dengan keputusan ASEAN akhir pekan lalu yang menyatakan akan mengundang perwakilan non-politik dari Myanmar dalam pertemuan 26-28 Oktober.

Keputusan itu merupakan langkah berani yang luar biasa untuk blok yang secara tradisional menyukai kebijakan keterlibatan dan non-intervensi.

Ketua ASEAN saat ini, Brunei, mengeluarkan pernyataan yang mengutip kurangnya kemajuan dalam realisasi peta jalan yang telah disepakati junta dengan ASEAN pada April untuk memulihkan perdamaian di Myanmar.

Juru bicara pemerintah militer Myanmar menyalahkan intervensi asing atas keputusan yang dikatakan bertentangan dengan tujuan ASEAN, Piagam ASEAN, dan prinsip-prinsipnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini