Penting! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kerupuk? Ternyata…

Penting! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kerupuk? Ternyata… Kredit Foto: Antara/FB Anggoro

Satu hal yang pasti bagi penderita diabetes yakni mereka tidak lagi bisa makan se-bebas dulu sebelum didiagnosis memiliki diabetes.

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Dengan kondisi tersebut, tak bisa sembarang makanan ataupun minuman bisa dikonsumsi penderita diabetes karena ancaman lonjakan gula darah selalu mengintai tiap saat. Sekalipun makana itu tergolong sehat secara umum seperti buah ataupun sayuran, jika memang memiiki kandungan gula tinggi maka makanan tersebut wajib dihindari.

Baca Juga: Penting! Kapan Diabetes Seseorang Bisa Dikatakan Tidak Terkontrol?

Salah satu makanan khas yang hampir bisa dipastikan ada sebagi pendamping makanan masyarakat Indonesia adalah kerupuk.

Makanan renyah ini memang sangat cocok dijadikan pendamping makanan utama Indonesia yang beraneka ragam. Kerupuk pun banyak jenisnya baik dari segi rasa, cara pembuatan, bahan baku, dll.

Kini yang jadi pertanyaan adalah apakah penderita diabetes boleh makan kerupuk? Apakah kerupuk menimbulkan efek tertentu apabila dikonsumsi penderita diabetes?

Diabetes dan Snack Secara Umum

Makan atau sekedar menikmati camilan pada dasarnya boleh bahkan dibutuhkan semua orang tak terkecuali penderita diabetes.

Namun memang khusus bagi penderita diabetes, soal makan atau menikmati camilan ada ketentuan “khusus” yang wajib dilakukan.

Baca Juga: Dampaknya Bikin Ngeri! Penderita Hipertensi Wajib Kurangi Asupan Makanan Ini

Hal ini karena gula darah yang tidak normal akibat makan dan menikmati camilan secara sembarangan dapat menyebabkan kebingungan, kehilangan kesadaran, dan dalam kasus yang parah, kejang, bagi penderita diabetes.

Disinilah pentingnya orang-orang khususnya penderita diabetes untuk memerhatikan kandungan apa saja yang ada pada camilan snack yang akan dimakan. Selain kandungan gula secara langsung, beberapa hal lain seperti karbohidrat dan lemak juga harus diperhatikan penderita diabetes.

Mengutip laman Insider, menurut American Diabetes Association (ADA), menghitung karbohidrat sangat penting bagi penderita diabetes. Jumlah karbohidrat yang Anda makan, di samping jumlah insulin dalam tubuh Anda, pada dasarnya menentukan kadar gula darah Anda.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini