Mengapa Penderita Diabetes Tipe 1 Memiliki Angka Harapan Hidup Lebih Rendah? Ternyata…

Mengapa Penderita Diabetes Tipe 1 Memiliki Angka Harapan Hidup Lebih Rendah? Ternyata… Kredit Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Kondisi diabetes tidak bisa dimungkiri membuka jalan penyakit kronis lainnya seperti sakit jantung, ginjal, dll. Dari fakta itu risiko kematian seseorang dengan diabetes juga semakin nyata.

Temuan dari studi yang ada menyebutkan bahwa dibanding diabetes tipe 2, diabetes tipe 1 memiliki angka harapan hidup yang lebih rendah.

Mengapa demikian? apakah ada kondisi serius tertentu sehingga penderita diabetes tipe 1 dikatakan memiliki angka harapan hidup yang lebih rendah?

Baca Juga: Penting! Penderita Diabetes Mengalami Rasa Lapar yang Berlebihan? Mungkin Ini Penyebabnya, Ternyata…

Melansir laman diabetes.co.uk, Orang dengan diabetes tipe 1 dalam sebagian besar kasus mengembangkan diabetes pada usia yang lebih muda daripada mereka dengan diabetes tipe 2. Oleh karena itu mereka biasanya pada diabetes tipe 1 akan menghabiskan waktu lebih lama hidup mereka hidup dengan kondisi tersebut.

Dengan begitu, kalkulasi angka harapan hidup mereka (diabetes tipe 1) bisa dikatakan lebih rendah karena hidup lebih lama dengan diabetes.

Namun meski begitu, kabar baiknya adalah penderita diabetes tipe 1 telah diketahui hidup selama lebih dari 85 tahun dengan kondisi tersebut. Studi terbaru tentang harapan hidup menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat harapan hidup untuk orang dengan diabetes tipe 1 yang lahir kemudian di abad ke-20.

Baca Juga: Apa Benar Diabetes Menyebabkan Gangguan Pendengaran? Ternyata Oh Ternyata…

Apakah diabetes tipe 2 kurang serius daripada diabetes tipe 1?

Umumnya diabetes tipe 2 berkembang lebih lambat daripada diabetes tipe 1. Akibatnya, beberapa orang dapat didiagnosis dengan diabetes tipe 2 (dan beberapa tipe diabetes lainnya) bertahun-tahun setelah mereka pertama kali mengembangkan kondisi tersebut.

Dalam beberapa kasus diabetes hanya dapat didiagnosis setelah memperhatikan tanda-tanda komplikasi diabetes yang merupakan posisi serius.

Catatan Penting

Tidak adil untuk menilai kondisi mana yang lebih serius, semua jenis diabetes memiliki dampak serius pada kesehatan masyarakat dan merupakan kondisi yang sulit yang membutuhkan banyak waktu, ketekunan dan perawatan untuk dikelola.

Baca Juga: Perlu Dicatat! Bikin Gula Darah Tak Terkendali, Penderita Diabetes Harus Kurangi Asupan Berikut Ini

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini