Publik Apresiasi Inovasi Sinergi Stiker Hologram Pajak Kendaraan dari Kemendagri

Publik Apresiasi Inovasi Sinergi Stiker Hologram Pajak Kendaraan dari Kemendagri Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Di era digital, tak perlu waktu lama bagi inovasi baru yang bermanfaat untuk mendapatkan apresiasi dari publik. Inovasi digitalisasi road tax atau pajak kendaraan dalam bentuk stiker hologram yang diluncurkan Kemendagri yang berkolaborasi dengan Korlantas Polri dan Jasa Raharja, Senin (18/10), segera mendapatkan pujian publik. 

Apresiasi tersebut dilontarkan Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) melalui ketuanya, Nurkhasanah.

Baca Juga: Waspadai Rontoknya Industri Akibat Pajak Karbon

Menurut Nurkhasanah, digitalisasi pajak kendaraan tersebut tidak hanya tepat karena mendukung gerakan tertib bayar pajak yang digaungkan pemerintah, melainkan sangat membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam pembangunan daerah.

Baca Juga: Penerimaan Bukan Pajak Perikanan Tangkap Capai Rp407 Miliar

“Seperti kita tahu, pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan satu dari lima jenis pajak yang termasuk ke dalam pajak provinsi dan merupakan sumber pendapatan daerah,” kata Nurkhasanah. Pajak yang terkumpul itulah yang kemudian digunakan untuk membiayai pemerintahan serta pembangunan daerah. 

“Apalagi pada hakekatnya PKB juga akan kembali kepada pengguna jalan berupa pembangunan jalan baru atau pemeliharaan jalan yang telah ada agar senantiasa bisa digunakan dengan baik,” kata Nurkhasanah. Dengan proporsi untuk pemeliharaan jalan yang cukup besar itu (10 persen), sudah pada tempatnya jika warga masyarakat harus menyukseskan upaya pengumpulan pajak itu dari tahun ke tahun dengan disiplin membayarnya. 

Nurkhasanah menambahkan, selama ini data menunjukkan PKB merupakan tulang punggung utama pendapatan asli daerah (PAD). Total proyeksi PAD dari PKB untuk tahun ini mencapai hampir 43 persen. “Alhasil, kalau pendapatan daerah ingin optimal, pembayaran wajib pajak kendaraan tahunan ini pun harus didorong optimal. Program inovasi ini jelas akan sangat membantu,” kata dia.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini