Ngeri! Varian Delta Berisiko Memicu Komplikasi Bila Menginfeksi Ibu Hamil

Ngeri! Varian Delta Berisiko Memicu Komplikasi Bila Menginfeksi Ibu Hamil Kredit Foto: Pexels/MART PRODUCTION

Varian Delta dikenal sebagai varian Covid-19 yang sangat mudah menular. Di samping itu, varian Delta ternyata dapat meningkatkan risiko komplikasi bila menginfeksi ibu hamil yang belum divaksinasi.

Hal ini diungkapkan lewat studi terbaru yang dimuat dalam jurnal American Journal of Obstetrics and Gynecology. Pada periode Mei 2020 sampai September 2021, peneliti melibatkan 1.515 ibu hami yang terdiagnosis Covid-19 dalam studi ini.

Sebanyak 82 kasus Covid-19 di antara ibu hamil tersebut merupakan kasus berat. Sebanyak 81 ibu hamil dari 82 kasus ini, memiliki status belum divaksinasi. Dari 82 kasus Covid-19 berat ini, 11 ibu hamil membutuhkan alat bantu ventilator. Peneliti mengungkapkan, ada dua kasus kematian ibu hamil di antara 82 kasus Covid-19 berat ini.

Baca Juga: Penting! Berapa Lama Penderita Diabetes Dapat Bertahan Hidup?

Hasil studi menunjukkan, ada sekitar lima persen pasien hamil yang bergelut dengan Covid-19 berat pada Maret 2021. Setelah itu, angka tersebut meningkat jadi 10-15 persen di penghujung musim panas ketika varian Delta merebak.

Berdasarkan temuan dalam studi ini, tim peneliti menyimpulkan bahwa ibu hamil yang belum vaksinasi dan terinfeksi varian Delta memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami gejala berat. Selain itu, ibu hamil yang belum divaksinasi lebih berisiko membutuhkan perawatan di rumah sakit bila terkena Covid-19.

"Bila Anda hamil dan Anda terkena Covid-19, risiko Anda meningkat untuk mengalami sakit berat," jelas Juru Bicara Infectious Diseases Society of America Dr Aaron Glatt yang tak terlibat dalam studi ini, seperti dilansir Fox News, belum lama ini.

Baca Juga: Penderita Diabetes Masih Ingin Makan Kerupuk? Coba 2 Alternatif Ini, Tetap Enak!

Ketua tim peneliti Dr Emily Adhikar dari University of Texas Southwestern Medical Center mengatakan temuan ini memunculkan kekhawatiran mengenai dampak varian Delta terhadap ibu hamil yang belum divaksinasi. Dr Adhikar berharap vaksinasi bisa semakin diperluas untuk menghindari situasi yang tak diinginkan.

"Saya khawatir mengenai seperti apa masa depat bagi ibu hamil yang belum divaksinasi (di masa pandemi ini)," ujar Dr Adhikar.

Baca Juga: Waduh… Apakah Boleh Penderita Diabetes Makan Bakso? Tenyata Oh Ternyata…

Dengan mempertimbangkan data yang ada, tim peneliti mengimbau ibu hamil menjalani vaksinasi Covid-19. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga telah memberikan imbauan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil dan perempuan yang berencana hamil.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini