Dag-dig-dug, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Perairan Jepang

Dag-dig-dug, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Perairan Jepang Kredit Foto: KCNA

Korea Utara telah menembakkan setidaknya satu rudal balistik ke perairan lepas pantai Jepang, kata militer Korea Selatan dan Jepang. Itu terjadi ketika kepala intelijen Korea Selatan, Jepang dan AS dilaporkan bertemu di Seoul untuk membahas Korea Utara.

Dalam beberapa pekan terakhir, Pyongyang telah memulai serangkaian tes yang diklaim sebagai rudal jelajah hipersonik dan jarak jauh, serta senjata anti-pesawat. Beberapa dari tes ini melanggar sanksi internasional yang ketat.

Baca Juga: Korut Uji Coba Rudal yang Bisa Hantam Jepang, Apa Arti bagi Dunia?

Korea Utara secara khusus dilarang oleh PBB untuk menguji coba rudal balistik serta senjata nuklir.

Pada Selasa (19/10/2021), melansir BBC, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan satu rudal diluncurkan dari pelabuhan Sinpo, di timur Korea Utara di mana Pyongyang biasanya menempatkan kapal selamnya. Itu mendarat di Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Media lokal telah melaporkan bahwa Korea Utara mungkin telah menguji rudal yang diluncurkan dari kapal selam - hanya beberapa minggu setelah Korea Selatan meluncurkan senjatanya sendiri - tetapi ini belum dikonfirmasi oleh pejabat mana pun.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan ada dua rudal balistik yang ditembakkan, menyebut peluncuran itu "sangat disesalkan".

Perlombaan senjata

Peluncuran itu dilakukan saat Korea Selatan mengembangkan senjatanya sendiri, yang menurut pengamat telah berubah menjadi perlombaan senjata di semenanjung Korea.

Seoul mengadakan apa yang dikatakan sebagai pameran pertahanan terbesar Korea Selatan minggu ini. Ini dilaporkan akan mengungkap jet tempur baru serta senjata berpemandu seperti rudal. Itu juga akan segera meluncurkan roket luar angkasanya sendiri.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini