PSSI Kantongi Restu Pemegang Saham Untuk Spin Off Anak Usaha

PSSI Kantongi Restu Pemegang Saham Untuk Spin Off Anak Usaha Kredit Foto: Ist

PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) memperoleh restu pemegang saham untuk melakukan Pemisahan Segmen Usaha Pengangkutan Kapal Kargo Curah dari Perseroan ke entitas anak. Hal tersebut diperoleh setelah perseroan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan pada 20 Oktober 2021.

Direktur Utama Perseroan, Iriawan Ibarat mengatakan bahwa pemisahan ini diharapkan akan memberikan konsentrasi pengembangan usaha yaitu secara khusus, kemudahan bagi entitas anak untuk memperoleh akses pendanaan baik dari perbankan maupun dari para investor strategis. 

“Tidak menutup kemungkinan, entitas anak akan menawarkan sahamnya kepada masyarakat melalui Penawaran Umum apabila kajian menyatakan siap,” kata Iriawan, dalam paparan publik di Jakarta, Rabu (20/10/2021). 

Baca Juga: Permintaan Benang Dunia Makin Besar, Sejahtera Bintang Abadi Textile Gencar Ekspansi

Iriawan menambahkan, Perseroan saat ini sedang melakukan penjajakan pasar dengan para investor strategis dalam rangka pengembangan Segmen Usaha pengangkutan kapal kargo Curah tersebut.

Adapun, pemisahan (Spin-off) ini telah dikaji dan diproses dengan mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku. Dengan Pemisahahan ini, diharapkan pengembangan dan pengelolaan aset dapat lebih intensif dan lebih optimal, sehingga kedua perusahaan, baik Perseroan sebagai Induk maupun entitas anak, dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada semua pemangku kepentingan Perseroan.

“Proses pemisahan ini, dilakukan dengan memindahkan enam unit kapal kargo curah besar milik Perseroan, berikut persediaan dan pinjaman terkait pemisahan ke entitas anak yang akan didirikan, dimana kepemilikan saham Perseroan dalam entitas anak tersebut adalah sebesar 99%,” tutupnya. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini