World Business Angel Investors Week 2021: Kolaborasi Dukung Start-Up Seri Pendanaan Awal

World Business Angel Investors Week 2021: Kolaborasi Dukung Start-Up Seri Pendanaan Awal Kredit Foto: Istimewa

Pemerintah, BUMN, dan swasta mendukung usaha rintisan berbasis teknologi (start-up) seri pendanaan awal lewat World Business Angel Investors Week 2021. Kegiatan ini diharapkan bisa menyadarkan pentingnya pendanaan awal bagi start-up agar tetap berkembang dan bertumbuh. 

Minat investor untuk mendanai start-up seri pendanaan awal diketahui terus menurun sejak tahun 2016. Tech in Asia melaporkan bahwa pada 2016 terdapat 54 pendanaan, kemudian, menurun menjadi 44 tahun 2017, dan pada kuartal II-2018 pun baru mencapai 27 pendanaan. Baca Juga: Dukung Ekosistem Startup di Indonesia, APRW Berkolaborasi dengan KUMPUL

Karena itu, World Business Angel Investors Week (WBAW) 2021 bekerja sama dengan jajaran menteri Pemerintah Indonesia, pejabat BUMN, perusahaan swasta, dan entrepreneur milenial untuk mengangkat permasalahan tersebut ke muka dunia. Baca Juga: Indonesia Knowledge Forum X-2021: Hidup Berdampingan dengan Pandemi, Menyongsong Pemulihan Ekonomi

WBAW 2021 sendiri adalah acara yang dikoordinir oleh World Business Angel Investors Forum, partner terafiliasi GPFI G20. Forum ini akan mengangkat diskusi berkualitas yang berisi pandangan dan solusi terhadap permasalahan start-up di Indonesia. Acara juga diharapkan bisa menumbuhkan optimisme investor terhadap iklim investasi di Indonesia. 

Muhammad Reza, Chairman dari World Business Angel Investors Week 2021, mengatakan, dengan bangga pihaknya mempersembahkan acara konferensi internasional World Business Angel Investors Week 2021 sebagai bagian dari kontribusi dan dukungan untuk Indonesia yang dipercaya menjadi tuan rumah G20 sejak pertama kali didirikan pada 1999. 

“Recover Together, Recover Stronger merupakan tema yang sangat sesuai sebagai penyemangat bagi Indonesia dan dunia untuk dapat bangkit dari kondisi pandemi global ini,” ujar Reza, dalam keterangan persnya, Rabu (20/10).

Muliandy Nasution, Indonesia Country Chairman mewakili World Business Angel Investor Forum, sebagai bagian dari G2 Forum, pun mengucapkan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak yang telah mendukung, terutama Pemerintah RI, BUMN, dan korporasi dalam World Business Angel Investors Week 2021.  

“Kami berharap, acara ini dapat meningkatkan minat para Investor dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia dan meningkatkan perekonomian nasional dan global. Acara ini juga sebagai awal dari rangkaian kegiatan kami mendukung Indonesia sebagai tuan rumah G20 Forum tahun depan,” tutur Muliandy.

Dukungan Tokoh Terkemuka

Beberapa tokoh terkemuka dari pemerintahan, korporasi, dan modal ventura, dipastikan akan menyampaikan perspektif masing-masing dalam acara World Business Angel Investors Week pertama di Indonesia pada Kamis (21/10) pekan ini.

Beberapa di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Founding CEO dari BRI Ventures Nicko Widjaja, dan pemimpin komunitas kewirausahaan berdampak tinggi Indonesia Arif P Rachmat yang saat ini menjabat sebagai Ketua Endeavour Indonesia dan Direktur Triputra Group.

Acara tersebut juga didukung penuh oleh Menteri BUMN Erick Thohir beserta jajaran BUMN, antara lain BNI, BRI, dan Telkomsel (anak perusahaan BUMN). Acara akan dipandu oleh moderator dari enteprenuer milenial yang memahami isu start-up seri pendanaan awal  di Indonesia, yakni Deputi CEO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono,  Mentor Start-up Senior Andrisyah Tauladan, dan Associate Venture Builder Enviu Aninda Annisa.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini